BERTAHUN-TAHUN TAK TUNTAS

Mantan Bupati Yopi Arianto Korban Penguasaan Lahan, Nasibnya Menunggu Aksi KPK

Di Baca : 4401 Kali
Mantan Bupati Indragiri Hulu, Riau, H Yopi Ariyanto SE. (ist)

PBH Meminta KPK Memeriksa Mantan Bupati Inhu

PBH Lidik Krimsus mendapatkan kuasa masyarakat, yang diwakili Edy Mulyono dalam hal Pengurusan Lahan Masyarakat Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau yang sebelumnya juga dilaporkan bertanggung jawab PT Palma Satu kepada Dirreskrimun Polda Riau yang kemudian mendapat berupa Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penelitian Laporan (SP2HP) dari Dirreskrimum KSUBDIT II Polda Riau.

Adapun Laporan Polisi tersebut diadukan ke Dirreskrimum Polda Riau karena adanya Penyerobotan/Perampasan Lahan Masyarakat sebanyak 300 Kepala Keluarga (KK) selaku Pemilik Lahan yang terletak di Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, yakni lahan seluas 6.000 hektare yang dilakukan oleh PT Palma Satu.

”Kuat dugaan bahwa dalam pelaksanaannya, PT Palma Satu melakukan penyerobotan/perampasan lahan masyarakat secara berkoloni atau terindikasi kolusi transaksional dengan Terlapor 1 dan Terlapor 2 yang mengakibatkan kerugian secara materiil dan imateriil terhadap masyarakat sejumlah 300 KK dimaksud,” jelas Elim.

Di samping itu Elim, dugaan transaksional kolusi yang dimaksud juga merugikan keuangan Negara sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2021, mengingat tanah yang diusahakan oleh PT Palma Satu adalah Hak Guna Usaha (HGU).

Untuk mengetahui sekadar kilas balik Rekor sebagai Bupati termuda sebelumnya yang diraih oleh suami Rezita yang tak lain mantan Bupati Inhu, Yopi Arianto yang pernah memecahkan rekor MURI sebagai bupati termuda, dengan usia (30) selama 10 tahun (dua periode).

Dihimpun dari data milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), istri Bupati Inhu sebelumhya Yopi Arianto yakni Rezita Meylani Yopi yang berumur 27 tahun, memiliki harta kekayaan sebesar Rp43.706.278.342 atau hampir Rp44 miliar, dan pasangannya, Wakil Bupati terpilih Junaidi Rachmat hanya mengantongi harta Rp.2.055.697.200. (*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar