membasuh muka mengusap kepala dengan air bersih dicampur jeruk dan serai wangi

Belimau Bosamo di Rohul Menyambut Bulan Sudi Ramadhan 1443 H

Di Baca : 619 Kali
Nefritia Warman Kades Serombou Indah memberi sambutan pada acara Belimau Bosamo, Selasa (29/3/2022). (Nurul Arifin/Detak Indonesia.co.id)

Pasirpengaraian, Detak Indonesia--Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H Kepala Desa Seroumbo Indah gelar belimau bersamo tokoh adat dan masyarakat di depan halaman Kantor Desa Serombou Indah dengan acara adat istiadat di Desa Serombou Inda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa 29 Maret 2022.

Kegiatan Belimau Bosamo ini merupakan adat istiadat yang sudah dilaksanakan sejak zaman nenek moyang hingga kini masih dilestarikan. Adapun tujuan kegiatan bolimau bosamo adat ini adalah untuk bersilaturrahmi, saling bermaafan, diberkahi, dan didoakan dengan Ninik mamak, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di kampung tersebut agar anak kemenakan yang mengikuti kegiatan tersebut dimudahkan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. 

”Tradisi belimau adat bosamo ini dilakukan setiap tahun setiap akan memasuki bulan suci Ramadhan, belimau adat bosamo ini dalam rangka pertemuan mamak, Datuk, imam, dengan anak kemenakan dan urang semondonya, untuk saling bersilaturrahmi dan bermaaf-maafan,” ucap Nefritia Warman Kades Serombou Indah. 

Nefritia menambahkan sebetulnya menurut adat pengertian belimau basamo itu adalah membasuh muka dan mengusap kepala dengan air bersih yang dicampur dengan jeruk dan serai wangi yang dilakukan oleh datuk adat ke anak keponakannya dengan niat untuk membersihkan diri dan menjaga silaturahmi antara datuk adat dan anak keponakan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Saat ini banyak masyarakat yang salah mengartikan belimau besamo ini, banyak masyarakat yang menganggap balimau besamo itu adalah mandi bersama di sungai padahal sebenarnya tidak seperti itu.(ary)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar