Aspemari akan terus aksi unjuk rasa berjilid-jilid sampai tuntutan direalisasikan akan bawa massa le

PT Torganda Rohul Diduga Tak Miliki HGU, Aspemari Demo BPN Riau Minta Ambilalih Tanah Milik Negara

Di Baca : 1449 Kali
Aksi unjukrasa Aspemari Riau di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru, beberapa waktu lalu. (Foto Aspemari for Detak Indonesia.co.id)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Asosiasi Pemuda Mahasiswa Riau (Aspemari) melakukan aksi demonstrasi di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau terkait perkebunan kelapa sawit milik PT Torganda yang diduga tidak memiliki Hak Guna Usaha (HGU) di Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau dengan luas lahan perkebunan sawit diperkirakan lebih dari 20.000 hektare.

Nur Rohim selaku Koordinator Umum Aksi Aspemari mengatakan pihaknya gelar aksi di depan kantor BPN Riau atas dasar keresahan masyarakat, PTTorganda di Rohul diduga tidak memilik HGU.

Perusahaan ini mulai beroperasi perkiraan pada 2004 diduga telah melanggar peraturan yang berlaku di Negara Indonesia ini. 

"Dalam Undang-Undang nomor 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria pasal 28 Hak Guna Usaha (HGU) adalah hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh Negara dalam jangka waktu tertentu guna perusahaan pertanian, perikanan, atau peternakan. Perusahaan diharuskan memiliki HGU, jika tidak memiliki HGU maka perusahaan tidak membayar uang pemakaian HGU ke Negara, diduga PT Torganda sangat merugikan Negara," tegas Rohim.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar