RENTETAN KECELAKAAN KERJA DI PT PERTAMINA HULU ROKAN

Dugaan Sementara, Tiga Karyawan PT PPLI Terjatuh ke Dalam Kontainer Limbah PHR

Di Baca : 2217 Kali

Bangkopusako, Detak Indonesia--Jumat 24 Februari 2023, sekira pukul 17.00 WIB, para karyawan meneruskan informasi dari CCO atas nama  M Apri, tentang adanya korban yang terjatuh ke dalam kontainer limbah PT PPLI di CMTF Balam Selatan, Bangkopusako, Kabupaten Rokanhilir, Riau.

Arco dan Patrol Shipping Line melakukan escorting fire dan ambulan dari Bangko Camp ke TKP Balam CMTF. Sekira pukul 15.54 WIB, Arco beserta tim sampai di TKP. Informasi sementara dari Supervisor PT PPLI An Romi Zamri melaporkan, diduga bahwa tiga orang karyawan PT PPLI terjatuh ke dalam kontainer limbah.

Setelah Team Fire memastikan ke TKP, tim menemukan satu korban yang mengapung dengan posisi tertelungkup. Sementara Team belum mengetahui nama yang baru di jumpai pertama. Korban di duga berjumlah tiga orang.

Nama diduga korban karyawan PT PPLI tersebut yakni Hendri, Desy Krismanto, dan Ade Ilham.

Kronologis kejadiannya dicatat karyawan PT PPLI bahwa pekerja itu sedang membersihkan SQ, tank di dalam, diduga kekurangan oksigen, SQ, tank bekas limbah cemical belum cntf siap Ashar tadi kejadiaannya.

Para pekerja lain yang tak berdampak dari peristiwa ini  mengambil pembelajaran dari kejadian ini dan memberi tip tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yakni :
1. Lakukan pengecekan gas (oksigen, LEL, H2S dan CO2) sebelum memasuki ruang terbatas oleh Qualified Gas Tester) jika terdapat gas berbahaya terapkan golden roles (patuh, intervensi dan peduli) tentukan bahaya dan resiko tentukan safeguard dan mitigasi.

2. Tetapkan SWC secara benar.

3. Ikuti prosedur confined space entry.

Ingat,....lebih baik kehilangan waktu 1 menit untuk mempersiapkan kelengkapan kerja dari pada kehilangan nyawa dalam 1 menit. Demikian pesan dari pekerja.

Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau Rival Lino dan rombongan Jumat malam tadi (24/2/2023) meluncur ke TKP untuk melakukan investigasi. (azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar