Larshen Yunus:

Ketua KNPI Riau Sorot Misteri Kepemilikan Kebun Kelapa Sawit Dikuasai Cukong

Di Baca : 1098 Kali
Ketua DPD KNPI Riau Larshen Yunus.
 

"Kami contohkan saja yang di Riau ini, sebagai daerah pemilik dan penghasil terbesar dari perkebunan kelapa sawit se-Indonesia bahkan di dunia. Lalu, kenapa ketimpangan ekonomi masih tetap dirasakan? itu kebun sawit milik rakyat tempatan atau justeru dominan dikuasai Perusahaan dan atau Pengusaha dari luar Riau?

"Bayangkan saja, ratusan hingga ribuan Izin Hak Guna Usaha (HGU) dikuasai oleh pihak lain, yang notabene banyak dari "Cukong Berdasi," ungkap Larshen Yunus, dengan nada optimis.

Ketua DPD KNPI tingkat Provinsi Termuda se-Indonesia itu juga tegaskan, sebagai salah satu contoh dari yang diduga dilakukan PT Merauke, perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang berada di Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Modusnya masih sama dengan yang lain, yakni membungkus dirinya dengan istilah Kelompok Tani ataupun Koperasi yang bernama Koperasi Guna Karya Sejahtera (KGKS).

"Informasi yang kami himpun, bahwa persoalan dari sisi Perizinan dan Administrasi Hukum saja, Koperasi seperti itu kerap bermasalah, disinyalir Koperasi Guna Karya Sejahtera itu masih berstatus belum memiliki Sertifikat. Koperasi yang terdaftar pada tanggal 26 November 2019 dengan Nomor Badan Hukum: AHU-0000660.AH.01.26.TAHUN 2019," tutur Ketua KNPI Riau itu, menerangkan.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar