DI ATAS RATA-RATA NASIONAL

Produktivitas Petani Mitra PSR PTPN V Capai 29,23 Ton/Ha

Di Baca : 929 Kali
Gubernur Riau, Syamsuar saat melaksanakan panen perdana buah sawit milik petani di salah satu KUD beberapa waktu lalu. Syamsuar memuji program PSR PTPN V yang berhasil mendongkrak produktivitas sawit petani. (tim)

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Produktivitas sawit milik petani yang bermitra dengan PT Perkebunan Nusantara V Riau, melalui keikutsertaan program peremajaan sawit rakyat (PSR) mencapai 29,23 ton per hektare per tahun.

Angka tersebut jauh di atas standar produktivitas nasional untuk tanaman menghasilkan usia lima tahun atau TM V sebesar 26 ton per hektare per tahun.

Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Rabu (12/4/2023) menjelaskan angka tersebut diraih Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Dharma III yang mengikuti program peremajaan sawit pada 2014 lalu.

Melalui skema kebijakan manajemen tunggal atau single management yang diterapkan Jatmiko pada 2019 silam, produktivitas KUD dengan total luas lahan 621 hektare tersebut terus mengalami peningkatan signifikan hingga sepanjang 2022 lalu mencatat total produksi mencapai 18.149 ton.

"Sejak awal kami berkomitmen tidak akan setengah-setengah dengan saudara-saudara kami petani swadaya. Kami berdiri salah satunya adalah untuk memperkuat dan memberdayakan petani sawit. Itu khittah PTPN V sebenarnya," kata Jatmiko.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar