MUNCUL DI ALIRAN SUNGAI PENGAMBANG DANAU BUATAN RUMBAI PEKANBARU

Fenomena Apa Ini? Kerang Lokan Banjiri Pekanbaru

Di Baca : 5360 Kali
Pedagang dadakan kerang Lokan di Jalan Raya Panjang Okura Rumbai Pekanbaru, Riau, sedang melayani pembeli yang melintas naik mobil dari Pekanbaru-Siak, Ahad (16/3/2023). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)
 

Pantauan di lapangan sejak sepekan terakhir ini, berkarung-karung warga panen kerang lokan di kawasan itu. Dijajakan mulai dari gerbang Jalan Raya Pa jang Okura di Danau Buatan Rumbai Pekanbaru sampai di atas Jembatan Pengambang. Nampak ramai penduduk tempatan menjadi pedagang dadakan kerang lokan. Harga jual sekira Rp10.000 per kg di pagi hari. Tapi harga petang hari turun menjadi Rp7.000 per kg. Kerang lokan mengandung protein yang tinggi dan dapat meningkatkan libido.

Di luar negeri, kerang lokan ukuran besar diambil mutiaranya berwarna emas

Di luar negeri, kerang lokan dewasa diameternya bisa mencapai sebesar piring makan. Dan ada mutiara warna emas di dalamnya. Peternak yang paham kerang lokan, mereka memeliharanya untuk diambil mutiaranya dan dijual dengan harga cukup mahal. Di Pekanbaru budidaya kerang lokan belum dimengerti warga. Agaknya instansi terkait, perguruan tinggi perlu turun tangan melakukan penelitian ilmiah dan melindungi kawasan Danau Buatan Rumbai Pekanbaru dan alirannya Sungai Pengambang sebagai habitat dan ekosistem kerang Lokan Kota Pekanbaru, Riau. (azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar