Selain di UNRI, seminar keamanan digital dilaksanakan di UIN

Temui Mahasiswa UNRI, Tim IT PHR Bagikan Tips Keamanan Digital

Di Baca : 1187 Kali
Senior Analyst IT Risk Management PHR Djoko Roemantio Triwibowo (dua dari kiri) menyampaikan materi tentang keamanan digital di sebuah seminar di Aula Sutan Balia, FISIP UNRI, Senin (5/6/2023). (Dok. Humas PHR)

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Tim Informasi Teknologi (IT) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) membagi tips keamanan digital bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Riau (UNRI). Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat seluruh sektor aktivitas maupun pekerja terdigitalisasi lewat aplikasi.

Di hadapan 50 mahasiswa, Senior Analyst IT Risk Management PHR Djoko Roemantio Triwibowo mengatakan, pada saat ini setiap orang hidup di era yang serba digital. Untuk itu, setiap orang hendaknya memiliki kesadaran yang tinggi dengan keamanan digital.

“Banyak sekali kegiatan sehari-hari yang kita lakukan melalui digital, mulai dari berbelanja, pemesanan transportasi, hingga bekerja. Di dalam dunia digital, data adalah aset penting yang harus dijaga keamanannya,” tuturnya, dalam sebuah seminar di Aula Sutan Balia, FISIP UNRI, Senin (5/6/2023).

Tidak hanya bagi institusi maupun perusahaan, keamanan digital bagi perorangan penting untuk melindungi data guna menghindari kerugian. Agar data tetap aman, sebaiknya setiap orang maupun institusi melindungi seluruh perangkat digital yang digunakan seperti user-id, password, enkripsi data dan rutin mengupdate software/aplikasi.

Kemudian memasang protokol kriptografi  (TSL/SSL) yang dirancang untuk memberikan keamanan komunikasi melalui jaringan komputer pada web server.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar