PHR juga mengelola program tanggung jawab sosial

Ikhtiar PHR Menjaga Lingkungan Hidup di Bumi Lancang Kuning

Di Baca : 936 Kali
Kondisi lingkungan yang asri dan lestari di Camp Duri yang merupakan aset PHR, ini sebagai wujud komitmen PHR dalam menjaga alam. (Dok. Humas PHR)
 

Selain itu, bank sampah ini juga menjadi bagian dari kesuksesan program Adiwiyata sekolah hingga penghijauan lingkungan melalui pemberian ilmu dan praktik kepada instansi pemerintahan. Sejak diluncurkan bersama mitra pelaksana LPPM Unilak tiga tahun lalu, program bank sampah terus berkembang menjadi 100 kelompok bank sampah inti maupun unit.

Bank sampah binaan PHR telah menghasilkan sejumlah produk turunan mulai organik hingga anorganik seperti Eco Enzym (EE), Azolla, pupuk lindi, budi daya maggot serta berbagai produk kerajinan dari hasil daur ulang sampah dan ecobrick. Perkembagan bank sampah cukup pesat dengan tersebar di beberapa lokasi yakni di Rumbai, Minas, Duri, Siak, Bengkalis, Unilak dan sejumlah daerah lainnya.

“Kehadiran bank sampah tersebut mampu membawa manfaat berupa penghasilan bagi kelompok dan masyarakat sekitar,” kata Rudi.

Lewat program konservasi, PHR turut mendorong pelestarian satwa endemik Gajah Sumatra. Upaya konservasi Gajah Sumatra diperkuat dengan Program Forestry yang melibatkan masyarakat di sekitar area jelajah (home range) gajah liar.

Bersama mitra pelaksana Rimba Satwa Foundtion  (RSF) dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, PHR mendorong pemulihan habitat gajah dengan menanam tanaman pakan di area perlintasan gajah serta menanam tanaman yang rendah gangguan atau tidak disukai gajah namun bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakat.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar