Momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023

Dialog dengan Ibu Negara Iriana Jokowi, Bank Sampah Binaan PHR: Gerakan Kami Didukung Penuh!

Di Baca : 1005 Kali
Penggerak Bank Sampah Binaan PHR Ibnu Almubarok Rinwiningsih (tengah) bersama kelompok bank sampah lainnya saat menyapa Ibu Iriana Jokowi, dalam kegiatan Kompos Satu Negeri, digelar online, dari Istana Tampaksiring, Bali, Sabtu (10/6/2023). (Humas PHR)

Pada kesempatan itu, dilaksanakan kegiatan pembuatan kompos secara serentak yang langsung dipandu Ibu Negara Iriana Jokowi diikuti peserta baik secara online maupun offline. Rinwiningsih dari Bank Sampah Ibnu Almubarok ditunjuk untuk menyampaikan pembuatan kompos.

“Kami juga sampaikan proses pembuatan pupuk lindi,” kata Rini.

Bersama P3E Sumatera, komunitas bank sampah senantiasa berkolaborasi dan berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pemanfaatan sampah organik maupun anorganik. Pemanfaatan sampah organik bukan hanya untuk kompos, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat eco enzyme, budi daya maggot dan pupuk cair.

Bank Sampah Ibnu Almubarok terus tumbuh dan berkembang setelah mendapat pendampingan dari PHR bersama mitra pelaksana LPPM Unilak. Tidak hanya berhasil mengajak masyarakat dalam pengurangan sampah, Bank sampah ini sekaligus membuka peluang usaha bagi masyarakat di Kelurahan Agrowisatata, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru mendapatkan ‘cuan’ dari daur ulang sampah.

Sejumlah instansi pemerintahan ikut bergabung menjadi nasabah, di antaranya pihak kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah dan peruguran tinggi. Bank Sampah Ibnu Almubarok juga menjadi percontohan sekaligus pusat pelatihan pengelolaan sampah. Pesertanya beragam, mulai dari pemerintahan hingga masyarakat umum.

Keberhasilannya dalam mengelola bank sampah membuat Ponpes Ibnu Almubarok meraih sejumlah pengharagaan baik di tingkat lokal maupun nasional, di antaranya Juara I Program Satuan Pendidikan Peduli Lingkungan dari Kementerian Agama 2023.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar