menjadi narasumber dalam Workshop UMKM di Acara Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru

SMEXPO 2023, Bank Sampah Binaan PHR Berbagi Inspirasi kepada Masyarakat

Di Baca : 534 Kali
Penggerak Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok Rinwiningsih menjadi narasumber dalam Workshop UMKM di Acara Pertamina SMEXPO 2023, di Pekanbaru, Sabtu (19/11/2023). (Dok. Humas PHR)
 

Bank sampah terus berkembang hingga menghasilkan berbagai produk souvenir dengan melibatkan kelompok pengrajin dari masyarakat dan kaum disabilitas. Sedangkan produksi maggot terus meningkat mencapai 200 hingga 400 kilogram per hari.  

“Kami memiliki maggot kualitas premium. Saat ini bersiap melakukan uji labor untuk menghasilkan maggot kering agar produk ini bisa go internasional,” tuturnya.  

Bekerja sama dengan Politeknik Caltex  Riau (PCR), bank sampah mulai mengembangkan produk lain yakni sabun cair isi ulang, sabun cuci piring serta mengembangkan sistem informasi pengelolaan pemasaran dan keuangan berbasis teknologi digital.  

Rini membagikan kunci sukses dalam perencanaan program mengelola bank sampah. Selain mendaur ulang sampah menjadi produk bernilai, pengelolaan bank sampah perlu berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki visi yang sama. Kemudian pengelolaan sampah harus bisa meningkatkan ekonomi keluarga.  

“Di sini kami tidak menjual barang, tapi kami menjual sistem dan mengedukasi masyarakat. Apabila ada barang yang terjual, berarti itu adalah bonus dari kesungguhan kita untuk mengubah sesuatu yang tidak berguna menjadi sesuatu yang bernilai,” ucapnya.  






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar