menjadi narasumber dalam Workshop UMKM di Acara Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru

SMEXPO 2023, Bank Sampah Binaan PHR Berbagi Inspirasi kepada Masyarakat

Di Baca : 535 Kali
Penggerak Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok Rinwiningsih menjadi narasumber dalam Workshop UMKM di Acara Pertamina SMEXPO 2023, di Pekanbaru, Sabtu (19/11/2023). (Dok. Humas PHR)
 

Bank Sampah Ibnu Al Mubarok kian maju dan berkembang setelah mendapat program pendampingan dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Melalui mitra pelaksana LPPM Universitas Lancang Kuning, PHR memberikan pelatihan manajemen pengelolaan sampah.  

Bank Sampah Ibnu Al Mubarok turut melibatkan masyarakat mengelola sampah hingga akhirnya menjadi peluang usaha bagi warga di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru.   

“Di bank sampah sudah terbangun sistem, tidak hanya mengumpulkan sampah, tapi kami memberikan edukasi kepada masyarakat untuk sama-sama mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai,” ujarnya.  

Sejumlah masyarakat telah berperan aktif dalam memilah sampah. Sampah anorganik dikumpulkan menjadi ecobrick. Sedangkan sampah organik dikumpulkan dalam sebuah wadah untuk difermentasi menjadi pakan maggot dan pupuk lindi.  

“Sudah terjadi sirkular ekonomi di sini. Maggot dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak. Ayam kami yang semula hanya tiga ekor kini terus berkembang menjadi 400 ekor,” ujarnya.  






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar