KEPUTUSAN PBNU PUSAT

HT Rusli Achmad Tak Lagi Ketua PWNU Riau

Di Baca : 2094 Kali
Wasekjen PBNU Pusat Sulaiman Tanjung (kiri), dan HT Rusli Ahmad (kanan). (ist)
 

Ditanya wartawan apakah pemberhentian Rusli Ahmad sebagai Ketua PWNU Riau, karena pria asli Rokanhulu Riau itu mendukung Capres nomor urut 2 dan mengajak warga NU mendukung capres tersebut beberapa waktu lalu? Menurut Waseksen PBNU Sulaiman Tanjung bukan karena itu. Akan tetapi memang begitu peraturan di PBNU. Itu tak ada kaitannya dengan dukung mendukung Capres. Ini murni aturan di PBNU. Bukan hanya di Riau seperti ini. Di provinsi lain juga begitu dan ini hal biasa.

Pengurus-pengurus NU di Indonesia juga cuti dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai calon DPR RI,  kenapa cuti? Karena jabatannya dia pengurus harian. Tapi inikan ketuanya tak boleh, langsung harus mengundurkan diri. Di sini jangan salah tafsir, jangan salah pemahaman.

"Setelah mundur dari Ketua PWNU ada mekanismenya untuk penggantian Ketua PWNU yaitu rapat pleno. Sudah dilaksanakan rapat pleno 23 November 2023 beberapa waktu lalu di Riau tapi tidak memenuhi kuorum. Dan ini tak sesuai dengan peraturan PBNU dan dianggap tak sah. Sehingga bila tak dilakukan rapat pleno sampai Desember 2023 maka PBNU mengambil kebijakan melakukan Kareteker baik tingkat PWNU maupun tingkat Cabang, Ranting demi kemaslahatan masyarakat," kata Sulaiman Tanjung.

Ditanya wartawan bila Rusli Ahmad tak terpilih tak lolos di DPD RI pada 2024 ini apakah dia masih warga NU. Dijawab Wasekjen PBNU Sulaiman Tanjung dia tetap warga NU, tapi tak Ketua PWNU Riau lagi.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar