Jatmiko: menjadi kewajiban dan kebutuhan dalam mendukung Net Zero Emissions 2060

BRIN-PTPN IV PalmCo Riset Biogas Kombinasi Limbah Tandan Kosong dan Limbah Cair Sawit Perdana

Di Baca : 673 Kali
Wakil Kepala BRIN Prof Dr Ir Amarulla Octavian diapit Direktur Strategi dan Sustainability PalmCo Ugun Untaryo serta Region Head PTPN IV Regional 3 saat mengunjungi areal pembangkit tenaga biogas cofiring Sei Pagar PTPN IV. BRIN dan PTPN IV sepakat melanjutkan dan memperkuat kerjasama pengembangan EBT berbahan dasar limbah sawit. (Dok. Humas Palmco Regional 3)

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Badan Riset Inovasi Nasional melanjutkan kolaborasi yang berjalan apik bersama dengan Sub Holding Perkebunan Nusantara, PTPN IV PalmCo dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT) limbah kelapa sawit.

Riset itu merupakan kerjasama lanjutan BRIN dan PTPN IV usai sukses melaksanakan penelitian dan pengembangan limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME) menjadi biogas di PalmCo Regional III yang ada di Riau.

Lembaga yang dibentuk Presiden Joko Widodo itu kini meneliti potensi peningkatan produksi biogas yang ramah lingkungan melalui tandan kosong kelapa sawit pasca proses pencacahan dan fermentasi sebelum dicampurkan ke dalam POME. Kombinasi ini bertujuan agar gas methane yang diperoleh lebih baik dan stabil, sehingga energi yang diproduksi juga lebih konstan. Jika berhasil, maka kombinasi limbah cair dan padat menjadi biogas tersebut akan menjadi yang perdana di lingkungan PTPN.

"Terimakasih atas kerjasama baik yang terjalin selama ini. Kerjasama yang langsung bisa dirasakan manfaatnya. Baik itu biogas menjadi listrik, penurunan emisi gas rumah kaca, maupun mengurangi limbah," kata Wakil Kepala BRIN Prof Dr Ir Amarulla Octavian MSc DESD ASEAN Eng dalam kunjungan kerjanya ke Region Office PTPN IV PalmCo Regional 3, Kota Pekanbaru, belum lama ini.

Penelitian BRIN sendiri di perusahaan sawit terluas di dunia ini dilangsungkan di areal kluster riset dan inovasi BRIN-PTPN IV PalmCo Regional III Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Lebih lanjut Amarulla menjelaskan bahwa secara umum BRIN mengusung tiga konsep dalam melaksanakan riset, yakni reguler research, apply research, dan action research.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar