SDS KTU Siak

Hebat : Siswa SDS KTU Siak Jadi Finalis Literasi Sekolah Cipta Pantun Tingkat Nasional 2019

Di Baca : 2832 Kali
Siswa SDS Kimia Tirta Utama ( KTU ) PT. KTU  berhasil lolos menjadi finalis Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat Nasional jenjang SD tahun 2019

Laporan Adifa Detak Indonesia.

Siak Sri Inderapura, Detak Indonesia -- Dalam kegiatan festival literasi sekolah tingkat Nasional yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan dilaksanakan di Jakarta pada Tanggal 25 sampai 29 Juli 2019. Siswa SDS Kimia Tirta Utama (KTU) yang di bawah naungan Perusahaan PT KTU berhasil lolos menjadi finalis di ajang Festival Literasi Sekolah.

Kepastian keberhasilan siswa SD KTU menembus lomba literasi tingkat nasional tersebut tertuang melalui surat keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama bernomor 2013/D3/KP/2019 tentang penetapan finalis festival literasi sekolah (FLS) SMP tingkat nasional tahun 2019. 

Sedikit perlu di ketahui. Siswa tersebut bernama Syifaul Afifah yang saat ini duduk di kelas V untuk ketegori Cipta Pantun. Syifaul Afifah sediri merupakan anak dari karyawan PT, KTU yang mana berasal dari Melayu yang saat ini di bimbing dan di bina oleh Guru Pembina PT. KTU.

Dari keterangan Guru pembina dan sekaligus selaku asisten pembina edukasi Slamet Riyadi mengakui bahwa, Ia sendiri tidak menyangka bisa meloloskan satu peserta dengan kategori cipta pantun hingga ke tingkat Nasional.

"Bangga dan terharu sekali saya mas. Kami dari pihak perusahaan kepada para guru dan juga sekaligus pembina selalu mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas salah satunya program Literasi di Sekolah" ucap Slamet Riyadi, Jum'at 26 Juli 2019.

Lanjut Slamet. "Dengan lolosnya Syifaul Afifah  ke tingkat Nasional tentunya tidak terlepas dari peranan dan kerja keras para guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan literasi sekolah.

“Story telling, Puisi, Pantun telah menjadi menu utama pembelajaran SD KTU apa lagi kita tinggal dan berdiri di Bumi Melayu yang telah terkenal dengan pantun-pantun yang telah tidak asing lagi. Selanjutnya para siswa di SDS KTU ini tidak hanya menghafal namun juga menalar apa yang telah dibacanya,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDS KTU Yulianto S.Pd juga mengaku bangga siswanya masuk menjadi finalis festival literasi sekolah tingkat Nasional. Bahkan Ia akan mengaku senang dengan program yang telah dibuat dan akan melanjutkan program tersebut. Seperti program menulis Cerpen, Puisi dan Pantun. Tentunya dampak dari program tersebut, anak-anak akan semakin percaya diri untuk membuat Puisi, Pantun dengan didampingi guru.

"Harapan kami semoga di tahap selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang terbaik dengan persiapan yang lebih maksimal,” ungkap Yulianto Kepala Sekolah SDS KTU itu.

Ditempat terpisah, Administratur PT. KTU Achmad Zulkarnaen sangat bangga dan bersyukur dengan siswa terbaik PT. KTU yang telah berhasil lolos menjadi finalis festival literasi sekolah tingkat Nasional.

"Jelasnya kami bangga sekali, siswa yang lolos di finalis festival literasi sekolah tingkat Nasional tersebut berasal dari sekolah kami. Tentunya ini merupakan salah satu prestasi yang sangat membanggakan perusahaan, sekolah dan bahkan Pemerintah Kabupaten Siak" ucap Achmad Zulkarnaen.

"Kita berharap, program ini menjadi yang di kedepankan seperti membaca atau literasi, sebab anak zaman sekarang minat baca sangat minim, saya sangat senang anak anak yang sekolah di PT. KTU mendapatkan fasilitas dan pengajaran yang berbobot" pungkasnya.

Achmad Zulkarnaen juga menambahkan, Ia berharap dengan lolosnya dua siswa terbaik Kabupaten Siak ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi siswa yang lolos dan bisa menjadi picu kepada anak-anak lainnya untuk meraih mimpi dan prestasi di ajang berikut dan mampu membuat bangga pihak sekolah, Perusahaan, Pemerintah Kabupaten Siak dan khususnya orang tuanya.(lipsus)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar