Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020

Jelajah Indonesia, Toyota Aplikasikan Semangat Genchi Genbutsu Hadirkan Mobil Terbaik

Di Baca : 2417 Kali
Kazuaki Abiru selaku Team 2 Road Captain of 5 Continents Drive in Indonesia (kiri), Tetsuo Miura selaku President Director of PT Astra Daihatsu Motor (kedua kiri), Warih Andang Tjahjono selaku President Director of PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia 

Jakarta, Detak Indonesia – PT Toyota-Astra Motor menyambut kedatangan rombongan principal Toyota Motor Corporation (TMC) yang tergabung dalam project Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 pada Selasa (12/11/2019). Bertempat di Toyota Driving Experience, Sunter, segenap karyawan Toyota Indonesia menghadiri opening ceremony pelepasan perjalanan 5 Continents Drive di Indonesia yang mengusung semangat Genchi Genbutsu  untuk “mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya”, dengan tujuan akhir “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”. Perjalanan 5 Continents Drive di Indonesia akan menempuh jarak lebih dari 1.000 km dari Jakarta menuju Jawa Timur.

“5 Continents Drive merupakan sebuah project implementasi dari salah satu pilar utama Toyota yaitu Genchi Genbutsu (mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya), yang telah membangkitkan semangat karyawan Toyota untuk melakukan perjalanan ke 5 benua di dunia untuk mendapatkan pelajaran secara langsung dari berbagai kondisi jalan dan dari berbagai kebutuhan konsumen di berbagai belahan dunia, yang nantinya akan menjadi modal utama bagi Toyota dalam menghadirkan ever-better cars bagi pelanggan. Kami bersyukur Indonesia yang merupakan sebuah negara besar dengan keragaman budaya masyarakatnya, dapat menjadi bagian penting dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 ini. Bagi kami project ini merupakan sarana yang sangat baik untuk turut mengembangkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota di Indonesia dalam menghadirkan ever-better cars yang memenuhi kebutuhan konsumen terhadap mobilitas,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata.

Berawal dari sebuah filosofi “road train people and people make cars” dan berlandaskan semangat Genchi Genbutsu, Toyota Motor Corporation (TMC) bersama  Toyota GAZOO Racing (TGR)  terinspirasi untuk melakukan sebuah project perjalanan 5 Continents Drive dengan tujuan akhir “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”.

5 Continents Drive project dimulai pada tahun 2014 di benua Australia, yang kemudian berlanjut ke benua Amerika Utara pada 2015, Amerika Selatan pada 2016, Eropa pada 2017, Afrika pada 2018, hingga ke benua Asia yang dimulai dari Timur Tengah pada awal tahun 2019.

Lima tahun sejak perjalanan ini dimulai, 5 Continents Drive project telah melalui jalanan di berbagai belahan dunia  sepanjang 108.600 kilometer, menghabiskan waktu sebanyak 449 hari, dan melibatkan lebih dari 693 peserta yang merupakan karyawan Toyota dengan spesialisasi di area pabrik, engineering dan technical.

Perjalanan 5 Continents Drive project sangat mengutamakan semangat Genchi Genbutsu  untuk melintasi secara langsung berbagai kondisi jalan dan memahami secara langsung berbagai kebutuhan konsumen. Hal ini tak hanya semakin memperkuat kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirkan ever-better cars, namun juga semakin mendukung Toyota yang sedang bertransformasi menjadi perusahaan mobilitas untuk memberikan solusi kepada kebutuhan konsumen terhadap mobilitas.

“Semangat Genchi Genbutsu mempunyai peranan yang sangat penting bagi Toyota di Indonesia untuk dapat memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia terhadap mobilitas yang beragam dan unik. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus menguatkan implementasi semangat Genchi Genbutsu pada setiap pengembangan produk yang kami hadirkan. Sebagai contoh, ada dua produk dengan semangat Genchi Genbutsu yang berhasil melekat di hati masyarakat Indonesia, yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Spesifikasi Kijang maupun Avanza telah kami desain sedemikian rupa sesuai dengan berbagai kondisi jalan dan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kini Toyota Kijang telah menjadi sebuah mobil keluarga yang legendaris di Indonesia dan Toyota Avanza telah menjadi mobil keluarga paling laris di Indonesia dengan lebih dari 1,79 juta pengguna. Terima kasih kami ucapkan kepada pelanggan atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan selama ini,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

5 Continents Drive project di Indonesia melibatkan 31 perwakilan Toyota, dimana 4 di antaranya adalah karyawan Toyota Indonesia. Rombongan ini akan menempuh jarak sepanjang 1.000 kilometer dari Jakarta ke Jawa Timur dengan menggunakan 9 model line-ups produk unggulan di Indonesia, dimana 4 di antaranya berteknologi elektrifikasi.

Dalam perjalanannya, tim 5 Continents Drive project akan merasakan secara langsung berbagai kondisi jalan di Indonesia dan sekaligus memahami secara langsung berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia dengan melalui beberapa aktivitas bersama  stakeholders Toyota, mulai dari konsumen, manufaktur, dristibutor, dealer, hingga komunitas.

“Untuk mendukung perjalanan 5 Continents Drive project di Indonesia, kami menggunakan sembilan produk unggulan yang terdiri dari berbagai segmen, dimana empat produk yang digunakan ialah produk berteknologi elektrifikasi yaitu Toyota C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV. Kami harapkan perjalanan 5 Continents Drive project di Indonesia dapat memberikan banyak pelajaran berharga bagi Toyota untuk mewujudkan ever-better cars,” tutup Henry.(*/di/adifa)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar