KAMPUNG DAN KEBUN 1 KM SUDAH JADI LAUTAN

Abrasi Pantai Pulau Bengkalis Kian Parah !

Di Baca : 1688 Kali
Abrasi pantai Pulau Bengkalis Riau, kampung dan kebun sejauh 1 km daratannya kini sudah jadi lautan. Jika tidak segera diatasi lama kelamaan Pulau Bengkalis akan sirna ditelan ombak lautan. (ist)

Namun sayang saat ini lembaga konservasi tidak terkelola secara optimal. Koleksi satwa yang adapun hanya Buaya, Kera abu abu dan Labi labi. Pengelolaan masih dilakukan oleh pemerintah daerah. Usulan pengelolaan akan diserahkan kepada pihak ketiga berbadan usaha (swasta, BUMD, BUMDesa). Pembangunan/perbaikan/renovasi sarpras dan fasilitas yang ada, dan penambahan koleksi satwa yang sesuai dengan keadaan ekosistem/habitat setempat. Target yang ingin dicapai adalah integrasi/keterpaduan pelabuhan, wisata alam dan wisata budaya yang berdampak pada perekonomian masyarakat dan pendapatan negara. 

Kunjungan dilanjutkan ke lokasi abrasi Teluk Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis Riau. Lokasi tersebut berhadapan langsung dengan Selat Malaka yang merupakan garis pantai terluar Indonesia. 

Berdasarkan wawancara dengan  masyarakat setempat, areal abrasi dahulunya merupakan kampung dan kebun. Jarak abrasi sudah mencapai kurang lebih 1 Km dari garis pantai saat ini, dimana abrasi tahunan mencai 3-10 meter. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar