Riwayat Petani Sawit Rudianto Sianturi Memperoleh Lahan di Desa Air Hitam

Hakim Disorot, Diminta Objektif Tangani Kasus Dugaan Kriminalisasi Rudianto Sianturi

Di Baca : 3226 Kali
Hakim tunggal Praperadilan Polres Rohil yang menyidangkan kasus Pemohon Rudianto Sianturi versus Terlapor Polres Rohil di Pengadilan Negeri Rokanhilir Riau, Aldar Valeri SH. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Ujungtanjung, Detak Indonesia--Kasus dugaan mafia tanah dan kriminalisasi petani sawit di Kabupaten Rokanhilir Riau mendapat sorotan luas dan viral akhir-akhir ini. 

Masyarakat Desa (Kepenghuluan) Air Hitam, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokanhilir, Riau meminta dan memohon, agar hakim yang mulia bersikap objektif dalam menilai, menganalisa, menyimpulkan, memutuskan perkara yang diduga kuat praktik haram kriminalisasi.

Kriminalisasi yang dimaksud menurut warga dan aktivis GAMARI Larshen Yunus yakni terhadap proses pemeriksaan, penyelidikan, penangkapan dan penahanan Rudianto Sianturi, seorang petani sawit di Desa Airhitam Kecamatan Pujud Kabupaten Rokanhilir Riau. Kasus ini menyita perhatian, walaupun banyak lagi kasus besar pembukaan kawasan hutan negara secara ilegal dan telah ditanami kelapa sawit ratusan hingga ribuan hektare di Kabupaten Rokanhilir Riau ini. Namun senyap-senyap saja belum ditindak tegas oleh Tim Gakkum di Rokanhilir Riau. Kebun kelapa sawit yang diduga nonprosedural dibuka secara ilegal yang dikategorikan mencuri asset Negara ini dalam kawasan hutan di Rohil seperti milik inisial Step ratusan hektare bahkan kedengaran luasnya seribuan hektare lebih di Desa Sekaladi dan Putat Rohil dia juga seorang pimpinan Ormas di Riau. Ada juga di Desa Siarang-arang Manggala Jonshon Rohil ratusan hektare milik As dalam kawasan hutan. Dan masih banyak lagi kenapa tak ditindaklanjuti oleh Tim Gakkum Rohil?

Tapi entah kenapa lahan kecil kelapa sawit Rudianto Sianturi diperebutkan?

Rudianto adalah petani kelapa sawit dari Kampung Sawah, Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar