perjanjian KTT Iklim COP26 di Glasgow, Inggris

190 Negara dan Lembaga Setuju Tinggalkan Batubara, Bagaimana Indonesia?

Di Baca : 1496 Kali
Batubara. (ist)

Pemerintah Inggris mengatakan sebanyak 190 negara dan organisasi berjanji bakal meninggalkan batu bara. Namun, beberapa negara yang sangat bergantung kepada batu bara seperti Australia, India, Kanada, dan AS, menolak menandatangani perjanjian itu karena mereka tidak tahu kapan hal itu bisa terealisasi.

Menteri Bisnis dan Energi Inggris dari kabinet bayangan Ed Miliband mengatakan ada "kesenjangan yang mencolok" dari negara-negara seperti Tiongkok dan penghasil emisi besar lainnya, yang belum berkomitmen untuk menghentikan peningkatan batu bara di negaranya. Dia juga mencatat bahwa tidak ada penghapusan minyak dan gas secara bertahap.

Miliband mengatakan pemerintah Inggris "membiarkan negara-negara itu tetap melakukan kesalahan".

Meskipun ada kemajuan dalam pengurangan penggunaan batu bara secara global, tapi batu bara masih menghasilkan sekitar 37 persen listrik dunia pada 2019.

Negara-negara seperti Afrika Selatan, Polandia, dan India membutuhkan investasi besar untuk membuat sektor energi mereka lebih bersih.

Kepala delegasi Greenpeace di COP26 Juan Pablo Osornio mengatakan secara keseluruhan pernyataan tersebut masih jauh dari ambisi yang dibutuhkan untuk mengurangi bahan bakar fosil dalam masa-masa kritis ini.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar