Kadisnak Riau H Herman SE MT: Masyarakat Tidak Perlu Ragu Konsumsi Daging Sapi yang Terinfeksi LSD

BREAKING NEWS: Pertama Terjadi di Indonesia, Ratusan Sapi di Riau Terserang Penyakit LSD

Di Baca : 2430 Kali
Pertama kali terjadi di Indonesia, ratusan ternak sapi di Provinsi Riau sejak sepekan belakangan ini terserang penyakit virus LSD. Dinas Peternakan Provinsi Riau sudah mengantisipasinya dengan vaksin. Foto kiri bawah sapi terserang virus LSD. Foto kanan

Sebab tanda sapi yang sudah mendapat vaksin, tidak perlu menunggu lama, akan langsung mau makan rumput. Sebelumnya sapi yang  terkena virus tidak selera makan atau enggan makan dan menderita demam.

"Alhamdulillah, begitu vaksin mulai dilakukan terhadap sapi yang terkena penyakit kulit itu, secara berangsur- angsur segera menunjukkan kondisi pemulihan," ungkap dia.

Ditegaskannya, berkat dari pengalaman tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang seluruh kabupaten yang ada di Riau guna membicarakan berbagai kesepakatan agar seluruh hewan sapi yang akan masuk ke Riau harus dijamin kesehatannya terlebih dahulu. Dan begitu sampai di Riau akan langsung divaksin.

Hal ini perlu menyamakan persepsi dulu dengan seluruh kabupaten, termasuk dalam pelaksanaan vaksin bagi seluruh hewan terutama untuk hewan sapi dan kerbau saat ini. Penyakit ini hanya menyerang sapi dan kerbau akibat diserang nyamuk dan lalat. Ada upaya kandang sapi dipasang kelambu. 

"Perlu pemahaman yang sama dari seluruh pemangku jabatan dalam mengawal dan mengantisipasi agar semua hewan pedaging atau ternak yang akan masuk ke Riau ini harus dijamin kesehatannya terlebih dahulu. Untuk itu juga permohonan kita untuk mendatangkan 100.000 dosis vaksin dari Pemerintah Pusat nantinya akan kita gunakan untuk membentengi hewan sapi dan kerbau yang ada di Riau.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar