GEDUNGNYA DIKABARKAN MIRING, PPK JELASKAN SUDAH DIPERIKSA TIM TEKNIS SUDAH SESUAI

Pembangunan Gedung KKP Panipahan Rohil Diperkirakan Ada Kelebihan Bayar

Di Baca : 1507 Kali
Gedung baru KKP Panipahan, Rokanhilir Riau yang baru selesai dibangun Desember 2021 yang disorot masyarakat kemahalan diperkirakan ada kelebihan bayar dan dikabarkan miring. Foto diabadikan Kamis sore (7/4/2022). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Ditanya proyek pembangunan gedung baru KKP Panipahan 2021 kemahalan, Firman D menjelaskan apakah sudah dilihatkan gambar strukturnya oleh masyarakat di situ. Bicara teknisnya di bawah ada lagi struktur, semua lengkap. Ditambah lagi tiang penyangga melebihi tiang rumah warga di situ. 

"Jadi saya di sini ada bahasa teknis ada besteknya. Gambar-gambar teknisnya sudah sesuai itu. Kalau ada bahasa miring, kita tak akan cairkan. Semua ada analisanya, ada penilai, ada perencanaan awal, makanya keluar dari APBN dananya segitu," jelas Firman D. 

Proyek perencanaannya sekitar Rp30 juta sampai Rp45 juta. Proyek fisik Rp734 juta. Pengawasnya teknis pengawasnya orang Panipahan juga,  demikian penjelasan PPK Kantor KKP Dumai wilayah Panipahan, Firman D.

Sementara data teknis dari masyarakat  Panipahan, lubang pondasi ditanam kayu cerocok Teki panjang 5 meter diameter kayu Teki antara 2 sampai 3 inci harga sebatang Rp12.000. Kalau bangunan satu lantai seperti KKP Panipahan itu 1 tiang pondasi beton menghabiskan dana until beli material semen,  kerikilnya,  Ppsir cor, besi anker sekitar Rp300.000,-- paling banyak Rp400.000 ber tiang pondasi beton,-- Kalau ada tiang pondasi betonnya sebanyak 40 tiang maka total biaya menghabiskan sekitar Rp16.000.000 (Enam belas juta rupiah). Ditambah lagi 40 lubang cerocok untuk tegakan pondasi beton menghabiskan dana sekitar Rp12.000 harga perbatang kayu teki dikalikan 1 lubang berisi 20 batang kayu teki dikalikan 40 lubang tegakan untuk pondasi, maka dana materilnya sekitar Rp9.600.000,--Ditambah upah tukang, dan lainnya. Untuk pondasi di bawah saja biaya totalnya untuk bangunan satu lantai itu sekitar Rp100 juta. Dan fisik bangunan kantor hanya sekitar Rp350 juta hingga Rp400 juta.(azf) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar