PILIH POHON PELINDUNG YANG KUAT PERAKARAN DAN BATANGNYA

Pohon Besar Tumbang di Pekanbaru Nyaris Timpa Mobil, Pengamat Perkotaan Ingatkan Instansi Terkait

Di Baca : 1087 Kali
Pohon tumbang di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Rabu sore (9/11/2022), tidak ada korban jiwa. (tim)

Pohon besar barangkali jenis sengon yang tumbang ini nyaris menimpa pengendara mobil dan motor pada saat jam pulang kantor dan saat padat lalu lintas kendaraan. Untungnya pohon ini tumbang dan miring pelan-pelan sehingga pengendara ngerem cepat laju kendaraannya dan yang nyaris ketimpa cepat-cepat menghindar ngebut syukur tidak ada korban jiwa.

Pengamat Perkotaan yang juga Ketua Forum Arsitek Landsekap Indonesia (FALI) Provinsi Riau, Ir Aznil Fajri mengingatkan instansi terkait, rekanan konsultan dan kontraktor untuk selektif memilih pohon pelindung yang ditanam di area umum (public area) seperti di jalur hijau trotoar, taman kota, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan lain-lain.

"Pilihlah pohon pelindung kota yang perakaran dan batangnya kuat. Juga percabangan dan ranting yang tak mudah patah. Wajib akar tunggang dari benih biji/generatif dan hindari bibit stek yang vegetatif karena akar serabut dan gampang tumbang," tegas Ir Aznil Fajri yang juga Asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Mandiri bidang Konstruksi Provinsi Riau itu.

Pohon Bungur (Lagerstroemia) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar