PILIH POHON PELINDUNG YANG KUAT PERAKARAN DAN BATANGNYA

Pohon Besar Tumbang di Pekanbaru Nyaris Timpa Mobil, Pengamat Perkotaan Ingatkan Instansi Terkait

Di Baca : 1086 Kali
Pohon tumbang di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Rabu sore (9/11/2022), tidak ada korban jiwa. (tim)

Menurut Arsitek Landsekap ini lagi, banyak jenis pohon pelindung yang kuat dan indah untuk perancangan dan penataan kota-kota besar di dunia. Tergantung jenis iklim di suatu negara. Kalau Indonesia daerah tropis, banyak jenis pohon yang kuat dan indah untuk dipakai sebagai pohon pelindung tergantung di site/tapak/lahan mana dia ditanam.

Kalau di pinggir jalan biasa dipakai pohon yang berumur panjang, perakaran dan batang yang kuat dari bibit biji/generatif agar menghasilkan akar tunggang yang menghunjam dalam ke tanah dan tak gampang tumbang. Ada juga yang berbunga untuk indahnya pemandangan kota. Jenis ini misalnya Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) bunga kuning, Flamboyant (Delonix regia) bunga merah, Bungur (Lagerstroemia) bunga merah jambu keunguan, dan jenis lain.

Untuk lahan yang agak luas jauh dari pinggir jalan dan bangunan bisa ditanam pohon yang mengeluarkan oksigen melimpah tajuknya yang memayungi sekitarnya seperti pohon Trembesi (Samanea saman). Ingatlah jangan tanam pohon ini dekat jalan atau bangunan, karena akarnya bisa merusak konstruksi.

Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) bunga kuning. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar