PILIH POHON PELINDUNG YANG KUAT PERAKARAN DAN BATANGNYA

Pohon Besar Tumbang di Pekanbaru Nyaris Timpa Mobil, Pengamat Perkotaan Ingatkan Instansi Terkait

Di Baca : 1088 Kali
Pohon tumbang di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Rabu sore (9/11/2022), tidak ada korban jiwa. (tim)

"Jadi konsep untuk mendapatkan pemandangan kota yang indah dengan pohon pelindung berbunga yang ditanam, maka tanamlah berderet dengan jarak tanam tergantung diamater tajuknya. Flamboyant berbunga merah misalnya jarak tanam bisa antara 10 meter hingga 12 meter," jelas Ir Aznil lagi.

Tapi sebenarnya tak hanya pohon pelindung saja untuk keindahan suatu kota. Ada tiga elemen tanaman lagi yang sangat diperlu sehingga suatu kota jadi indah yakni jenis tanaman semak perdu (Shrubs), tanaman Penutup Tanah (Ground Cover) dan tanaman dasar seperti rumput (Lawn).

Untuk menghilangkan kesan kekakuan pola tanam, khusus untuk jenis ground cover tadi bisa dihindari pola menanam berbaris, tapi bisa ditanam zig zag, melengkung seperti ular, melingkar dan sebagainya. Gradasi tinggi rendahnya jenis tanaman ground cover juga perlu dan didukung dengan kontur tanah buatan tangan pekerja taman profesional bersertifikat.

"Contoh ini bisa kita lihat tanaman ground cover di median Jalan Sudirman Pekanbaru, Jalan Arifin Ahmad, Jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru, dan lain-lain yang pernah direncanakan tak salah pada 2014 lalu," tutup Ir Aznil Fajri. (tim)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar