MUNCUL DI ALIRAN SUNGAI PENGAMBANG DANAU BUATAN RUMBAI PEKANBARU

Fenomena Apa Ini? Kerang Lokan Banjiri Pekanbaru

Di Baca : 5347 Kali
Pedagang dadakan kerang Lokan di Jalan Raya Panjang Okura Rumbai Pekanbaru, Riau, sedang melayani pembeli yang melintas naik mobil dari Pekanbaru-Siak, Ahad (16/3/2023). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)
 

Kerang lokan (Geloina erosa) merupakan salah satu biota konsumsi dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah pesisir Kahyapu Pulau Enggano, Bengkulu. Sedangkan kemunculan perdana lokan di kawasan Sungai Pengambang di Jalan Raya panjang Okura Rumbai Pekanbaru, warga telah mengosumsinya membuat sate atau rendang kerang lokan. Bahkan laku dijual di pinggir jalan di kawasan itu.

Kerang lokan ada ukuran kecil dan ada besar sebesar piring makan.

Salah seorang pedagang kerang lokan dadakan di Jalan Raya Panjang Okura Rumbai Pekanbaru, Nurhayati kepada Detak Indonesia.co.id menjelaskan Ahad (16/4/2023) mengaku selama 27 tahun dia bermukim di kawasan itu, baru kali pertama ini muncul musim kerang lokan tersebut. Kini jalur darat Pekanbaru-Siak bisa ditempuh 2 jam lewat Danau Buatan Rumbai Pekanbaru-Jalan Raya Panjang Okura-Kebun sawit PT SIR yang diaspal hotmix mulus lanjut ke Maredan-Buatan-Siak. Sudah berkurang pengendara lewat Simpang beringin Pekanbaru kalau ke Siak.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar