TARGET BELUM TERCAPAI TERKENDALA PERATURAN PEMERINTAH INDONESIA SENDIRI

Realisasi Peremajaan Sawit Rakyat di Riau Masih Rendah, Parah Ini !

Di Baca : 1183 Kali
Alat berat cincang batang sawit (chipping) nampak sedang menumbang dan memotong-motong batang sawit tua jadi potongan 15 cm dalam program peremajaan sawit rakyat (PSR) program BPDPKS yang belum mencapai target 2023 di Riau. (Dok. APKASINDO)
 

Namun demikian, Alhamdulillah dari target PSR Riau tahun 2023 ini oleh Kementan seluas 10.550 ha sudah mulai berangsur terserap oleh Petani Sawit di Riau.

"Tercatat oleh kami APKASINDO, di Riau sudah masuk pengajuannya PSR (jalur Kemitraan dan jalur swadaya) per bulan Juli 2023 sudah mencapai 4.208 hektare tinggal bagaimana menggesa supaya yang sudah mengajukan ini bisa segera melengkapi persyaratan-persyaratan yang masih di nilai kurang oleh Ditjenbun. Dari evaluasi DPP APKASINDO, bahwa rentang waktu dari pengajuan petani sampai terbit Rekomtek (Rekomendasi Tek is) memerlukan waktu 1,5-2,5 tahun. Ini yang menjadi perhatian serius Kementan, bagaimana memangkasnya menjadi hanya 6 bulan. PSR ini ditujukan kepada petani sawit baik Swadaya maupun Petani Bermitra (Plasma)," jelas Gulat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Zulfadli melalui Kepala Bidang Produksi, Vera Virgianti mengatakan, saat ini target PSR Riau 2023 masih berproses. 

“Progres PSR 2023 Provinsi Riau saat ini sudah mencapai 1.573,1125 hektare. Dengan rincian Rokan Hilir seluas 578,564 ha, Indragiri Hulu seluas 306 ha, Siak seluas 472 ha, dan Indragiri Hilir seluas 216,5485 ha,” kata Vera, Rabu (7/6/2023).

Vera menjelaskan, dari progres yang sudah diusulkan ke pusat 1.573,1125 ha, sebagian sudah ada yang keluar rekomendasi teknis dari Dirjen Perkebunan dan sekarang sudah di BPDPKS sedang menunggu tanda tangan tiga pihak MoU. 

“Kemudian sebagian lagi ada yang masih diverifikasi Tim PSR Pusat. Jadi kita terus gesa agar progres PSR di Riau bisa tinggi,” ujarnya. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar