Tandan kosong TBS PTPN V Dibutuhkan PT Semen Padang

Semen Padang Gali Kerjasama Pemanfaatan Biomassa PTPN V Subtitusi Batubara

Di Baca : 608 Kali
Tandan buah segar (TBS) sawit yang siap diolah di salah satu pabrik kelapa sawit PTPN V. Saban tahun, PTPN V menghasilkan rata-rata 2,6 juta ton TBS. Pasca pengolahan, akan dihasilkan tandan kosong. PT Semen Padang selanjutnya menjajaki kerjasama pemanfaatan tankos dengan PTPN V sebagai biomassa untuk subtitusi batubara. (Dok. Humas PTPN V)
 

Tandan kosong tersebut, kata dia, dimanfaatkan sebagai subtitusi batu bara yang selama ini menjadi bahan bakar utama dalam proses pembakaran di Kiln.

"PTPN V Insya Allah siap untuk mendukung strategi PT Semen Padang," ujarnya.

Sementara itu, Juke Asmara menyambut baik dukungan positif PTPN V. Juke bilang PT Semen Padang sebelumnya telah melakukan uji coba penggunaan tandan kosong (tankos) yang telah di press dan dipotong sebagai bahan bakar. "Hasilnya cukup baik," ujarnya.

Untuk itu, ia mengatakan pihaknya segera menindaklanjuti hasil studi yang telah dilaksanakan ke PTPN V tersebut. Terlebih lagi, secara geografis, kedua perusahaan memiliki wilayah operasi yang berdekatan yakni Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau.

"Kita akan segera menyusun MoU terkait pemanfaatan tandan kosong. Dengan begitu, diharapkan kerjasama kedua belah pihak dapat segera terealisasi," harapnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar