TRADISI TURUN TEMURUN

Kenduri Kue Apam, Pertanda Bulan Suci Ramadhan Akan Tiba

Di Baca : 6455 Kali
Kenduri Kue Apam tradisi di kalangan masyarakat Melayu Siak Riau pada masa lampau. Tradisi Kenduri Kue apem ini dibuat masyarakat Melayu Siak juga dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad Salallaahu Alaihi Wasalam di akhir bulan Rajab 1439 H, S

Menurut Wan Said, sebenarnya selain tradisi Kenduri Kue Apam ada juga Kenduri Nasi yang biasanya masyarakat melaksanakannya setiap bulan bulan Sya’ban. Kenduri Nasi ini dilaksanakan bagi orang yang memiliki kelebihan rezeki diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Kemudian ada tradisi masak Bubur Asyuro ini semua merupakan tradisi turun temurun yang di lakukan oleh nenek moyang dahulu, yang menurut mereka ada kaitan erat dengan peringatan hari-hari besar umat Islam. Namun dengan berjalannya waktu semua tradisi itu mulai hilang sehingga generasi muda Melayu saat ini tidak mengetahui tradisi yang dibawa oleh para leluhur.

Hal senada juga disampaikan Plh Sekda Siak H Jamaluddin. "Tradisi yang dilaksanakan ini merupakan tradisi orang-orang tuo kito dulu, namun berjalannya waktu tradisi ini hilang akibat perkembangan zaman. Namun ini merupakan khasanah daerah kita yang harus kita lestarikan. Sesuai komitmen pimpinan kita Pemerintah Daerah saat ini sedang mempromosikan pariwisata religi Kabupaten Siak," jelasnya.

"Tradisi seperti ini kita dorong sebagai sarana promosi pariwisata Kabupaten Siak, tidak hanya tradisi saja yang menjadi fokus kita untuk dikembangkan, tetapi bangunan atau benda yang bernilai sejarah juga kita lakukan pemeliharan dan perawatan. Yang tujuannya untuk menjaga dan melestarikan peninggalan para leluhur kita dulu, yang tentunya ada kaitan dengan nilai-nilai spiritual yang terkandung di setiap tradisi tersebut. Saat ini kita juga sudah memiliki Brand S yang di sebut Siak The Truly Malay nama ini sudah dipatenkan menjadi milik Daerah Siak,"terang Jamaluddin.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar