PROGRAM PEKANSIKAWAN

Dua Kepala Daerah Komit Usung Program Tersinergi

Di Baca : 1748 Kali
Warga berswafoto bersama dengan Bupati Siak yang juga Gubernur Riau terpilih 2018-2023 Drs H Syamsuar (kiri), Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT saat olahraga di Lapangan Politeknik Caltex Riau di Pekanbaru, Minggu (13/1/2019).(Foto Istimewa)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Akselerasi pembangunan daerah  baik di kabupaten maupun kota di Provinsi Riau harus diselenggarakan terintegrasi dan sinergi, agar potensi kemajuan yang dimiliki dapat digali sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dapat bersaing dengan daerah lain di Pulau Sumatera.

Menyadari hal tersebut, dua kepala daerah yaitu Bupati Siak Drs H Syamsuar dan Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT menyapa masyarakat Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir Pekanbaru Riau yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Siak Riau untuk menjelaskan rencana pembangunan tersinergi yang tertuang dalam konsep pengembangan kewilayahan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan).

Dalam kegiatan yang juga diisi agenda olahraga bersama, bazaar dan silahturahmi masyarakat di Taman Olahraga Politeknik Caltex Rumbai Pekanbaru Riau itu Minggu pagi (13/1/2019) tersebut, nampak Bupati Siak Syamsuar dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus disambut antusias masyarakat yang berbaur di lokasi pelaksanakan kegiatan. Kedua kepala daerah dalam masing-masing sambutannya, menyatakan komitmen untuk membangun daerah dengan perencanaan pembangunan yang terkoneksi dan terintegrasi, sesuai visi Pekansikawan.

Dikatakan Bupati Siak Syamsuar, saat ini Kabupaten Siak terus berbenah memantapkan diri sebagai destinasi unggulan pariwisata di Riau. Hal tersebut tentunya turut berdampak pada perekonomian di Kota Pekanbaru sebagai pintu gerbang utama Provinsi Riau yang berjuluk Negeri Lancang Kuning.

“Saat ini kami di Kabupaten Siak terus berbenah mengembangkan potensi unggulan sebagai daerah pariwisata. Kemarin kita juga melaksanakan syuting film Iqra’ 2 yang diharapkan dapat mempromosikan daerah seperti halnya Belitung populer oleh Film Laskar Pelangi. Nantinya kalau pariwisata Siak maju pesat, tentunya Pekanbaru juga diuntungkan sebagai gerbang utama Provinsi Riau,” kata Syamsuar Gubernur Riau terpilih ini.

Ke depan kata Syamsuar, Pemkab Siak bersama Pemko Pekanbaru akan bersama-sama mengusulkan dan mensukseskan pembangunan sejumlah infrastruktur penting di kedua daerah, misalnya pembangunan Tol Pekanbaru – Dumai yang sedang berjalan dan Jalur Kereta Api Lintas Sumatera yang direncanakan melewati Kecamatan Minas dan Kandis Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT (kiri)  berswafoto bersama dengan Bupati Siak yang juga Gubernur Riau terpilih 2018-2023 Drs H Syamsuar (tengah) 

“Kita bersyukur pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai progresnya terbilang cepat di masa pemerintahan bapak Presiden Joko Widodo. Nantinya kita juga dukung rencana pengembangan infrastruktur lanjutan tol tersebut di Pekanbaru dan Kampar. Demikian pula rencana pembangunan jalur kereta api dari Sumatera Utara, kita ingin ke depan ditindaklanjuti melewati Kabupaten Siak dan Pekanbaru,” ungkapnya.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam kesempatan yang sama juga mengungkap hal senada, bahwa membangun daerah yang kebutuhan infrastrukturnya sangat besar tidak bisa sendiri dan harus bersinergi baik dengan antar Pemerintah Daerah maupun dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat.

“Luas wilayah Kota Pekanbaru hampir sama dengan Singapura dan DKI Jakarta, sementara kemampuan anggaran untuk membangun infrastruktur hanya berkisar 10 persen dari total dana dibutuhkan. Beryukur kita hari ini Presiden Joko Widodo memberikan perhatian pada infrasturtur Tol Sumatera. Ke depan kita perlu bersinergi baik dengan Pemerintah Daerah tetangga maupun Pemerintah Provinsi Riau nantinya,” kata Firdaus.

“Harapan saya kepada Pak Syamsuar sebagai Gubernur Riau terpilih, agar nantinya bentuk kerjasama antara Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan) dapat segera kita wujudkan dalam konsep pembangunan terintegrasi dan saling terhubung untuk akselerasi pemerataan pembangunan di Provinsi Riau. Maju Kota Pekanbaru, InsyaAllah maju pula Provinsi Riau,” sebutnya.(adifa) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar