API MELONCAT DARI LAHAN PETANI

Tim Pemadaman Karhutla Berjibaku Padamkan Api di Sumsel

Di Baca : 1271 Kali
Tim pemadaman kebakaran hutan dan lahan dari BNPB berjibaku memadamkan api di Bayung Lencir Sumatera Selatan api meloncat dari lahan petani dan cukup besar Rabu (14/8/2019). (Foto Humas BNPB)

Palembang, Detak Indonesia--Update Karhutla Rabu (14/8/2019) pukul 16.00 WIB upaya pemadaman karhutla di Bayung Lencir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Rabu pagi terdeteksi 49 titik hotspot kategori tinggi di Sumsel dan tenyata setelah dicek oleh tim survei helikopter benar terjadi karhutla yang sangat besar.

Info dari Pusdalops Sumsel yang dirilis Plt Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo, kebakaran disebabkan oleh api yang meloncat dari lahan petani yang juga sedang terbakar.

Rabu siang tadi empat  helikopter dikirim ke lokasi untuk melakukan water boombing. Setelah berhasil melakukan 36 x water boombing kondisi api sudah berkurang dan dilanjutkan pemadaman oleh tim darat. 

Siang sampai sore tadi terjadi hujan di beberapa wilayah Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Hujan sangat membantu upaya pemadaman. 

Sementara Pangdam Sriwijaya menyatakan siap dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Kepala BNPB atas bantuan pemadaman udara dari BNPB di Bayung Lencir ini dan api sudah mulai berkurang setelah 36 kali water boombing. Upaya-upaya pencegahan dengan sosialisasi pada masyarakat tetap dilaksanakan oleh Tim Khusus Gabungan.

Kondisi hotspot sore lihat di infografis pukul 16.00 WIB terlampir.(*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar