Loading...
Khatam Massal Alquran

Santri Ponpes Al Irsyad  Sei Tuan Sambut Hangat Paman Birin 

Di Baca : 84 Kali
Ketua Yayasan Ponpes Al Irsyad KH Amrun Asy'ari (kiri) mengalungkan sorban ke Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor (Paman Birin), Rabu (12/2/2020).

Martapura, Detak Indonesia-- Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menghadiri Khatam Massal Alquran, di  Pondok Pesantren Al Irsyad, Desa Sungai Tuan ilir, Kecamatan Astambul, Kabupaten, Banjar, Rabu (12/2/2020).

Khataman massal Alquran diikuti ratusan santri dari empat sekolah yang dikelola pondok pesantren.

Kehadiran Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu,  disambut hangat penuh kekeluargaan oleh ratusan masyarakat, para alim ulama,  tokoh masyarakat, pemuda dan  santri.

Bahkan puluhan murid Raudhatul Athfal (TK)  Ponpes Al- Irsyad  tidak mau ketinggalan turut menyambut gembira kehadiran orang nomor satu di Provinsi Kalsel itu.

Sambutan meriah kehadiran Paman Birin di salah satu  Pondok Pesantren tertua di Kalsel itu cukup beralasan.

Ini karena, pengelola pondok dan orang tua santri serta masyarakat Desa Sungai Tuan telah lama ingin bertatap muka dan bersilaturahmi dengan gubernur.

Bahkan, Ketua Yayasan Ponpes Al Irsyad KH Amrun Asy'ari  dalam pengantar sambutannya mengatakan, sejak berdiri tahun 1936, baru Paman Birin gubernur pertama di Banua yang datang ke Pondok Pesantren Al Irsyad.

Sebagai ungkapan syukur dan  terima kasih, atas kehadiran Gubernur kelahiran 12  November 1967 itu, mewakili masyarakat pondok, KH Amrun As'ari memberikan kenang- kenangan berupa sorban putih.

"Kami keluarga besar Pondok Pesantren Al Irsyad sangat gembira atas kehadiran Paman Birin. Pasalnya, sejak ponpes ini berdiri tahun 1936, beliaulah gubernur pertama yang berkunjung ke sini," kata  KH Amrun Asy'ari.

Masih diutarakan KH Amrun,  kedatangan Paman Birin sudah lama dinanti para santri, masyarakat  dan pengelola pondok.

Niatnya tidak lain ingin menjalin silaturahmi dan mengenalkan Ponpes Al Irsyad yang memiliki empat sekolah dari TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Al Irsyad, lanjut KH Amrun, termasuk  pondok bersejarah. Ini karena didirikan para ulama-ulama ternama  tempo dulu. 

Dan  lokasi pondok berada di Desa Sungai Tuan, yang memiliki sejarah kuat dengan Tuan Guru KH Muhammad Arsyad Al Banjari atau lebih  dikenal Datu Kalampayan.

"Semoga dengan kehadiran Paman Birin, Pondok Pesantren Al Irsyad ke depan bisa lebih maju lagi dan keberadaannya bisa lebih memberikan manfaat bagi masyarakat,"  ucapnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat keluarga besar Ponpes Al Irsyad Martapura.

Dikatakan Paman Birin sebuah kehormatan dirinya diundang para alim ulama dan tokoh masyarakat di lingkungan pondok.

Bagi dirinya, lanjut Paman Birin, pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang turut berjasa besar dalam membangun sumber daya manusia.

Pondok Pesantren juga tercatat dalam sejarah sebagai elemen bangsa turut berjuang membela negara.  

Salah satunya adalah Proklamasi Kemerdekaan RI bisa terwujud berkat perjuangan para alim ulama dan santri.

Paman Birin mendoakan Pondok Pesantren Al Irsyad menjadi sebuah lembaga pendidikan yang lebih maju. (bdm)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar