Komit Tindaklanjuti MoU

Unilak Gelar Pelatihan Relawan Karhutla

Di Baca : 2893 Kali
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi, bersama Wakil Gubernur Riau, Edi Natar Nasution dan General Manager SHR PT RAPP Wan Jakh menghadiri acara launching Pelatihan Penanganan Karhutla di kampus Unilak Riau Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru

Sementara itu General Manager SHR PT RAPP, Wan Jakh mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan banyak kampus. Alasannya bahwa kampus mempunyai Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat. 

RAPP juga telah menginvestasikan 10 juta USD untuk penanganan Karhutla, itu adalah bentuk partisipasi dan diprioritaskan untuk pencegahan. Salah satu program RAPP adalah program desa peduli api, yang melakukan analisa dengan resiko api di desa-desa. 

Program pertama RAPP adalah Reward, Jika desa dalam musim panas tempo 3 bulan, tidak ada api akan di reward Rp100 juta dalam bentuk kegiatan pembangunan di desa. Dan apabila tetap ada kebakaran tapi tidak sampai dua hektare diberi reward Rp50 juta. 

Program kedua RAPP adalah data yang rawan kebakaran, akan di data masyarakat yang bekerja. Program ketiga, mengimbau mereka untuk membuka lahan tanpa membakar.

"Kami membantu buka lahan tanpa cara membakar. Program keempat adalah peduli terhadap masyarakat, dengan turun langsung untuk mengimbau bahaya karhutla. Kami lihat tiap desa mempunyai antusias tentang pencegahan api. Kami sekarang menjadi pioneer, aliansi desa bebas api, kami berkomitmen tidak ada api radius 30 km,” ujar GM PT RAPP tersebut.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar