SEJAK DIBERLAKUKAN 2017 LALU

Peremajaan Sawit Rakyat Hingga 2020 Tak Capai Target

Di Baca : 5694 Kali
Kebun sawit tua yang tak produktif lagi di Kecamatan Tapung Kampar Riau di sela-sela ditanam bibit sawit model underplanting yang tak sesuai petunjuk teknis. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Sementara data Detak Indonesia,  kendala dari beberapa daerah di Sumatera seperti Riau, dan Sumbar yang ada program PSR hambatan banyak terjadi di birokrasi ASN, tingkah polah kelompok tani yang tak konsekuen, dan lain-lain sehingga memperlambat percepatan program replanting kelapa sawit di daerah tersebut. 

Daerah yang lamban melakukan peremajaan sawitnya, padahal sudah masuk jadwal peremajaan, lima tahun mendatang akan merasakan dampak negatifnya. Petani lain yang sudah meremajakan sawitnya lima tahun nanti mulai panen dan sejahtera, sementara yang tak ikut meremajakan sawitnya tak bisa panen lagi dan menderita tak sejahtera.

Sorotan lain masalah kampung masyarakat berada di dalam HGU perusahaan masih diperdebatkan masyarakat Pelalawan Riau dan anggota DPRD Pelalawan Riau terkait HGU PT Musim Mas. Kemudian peremajaan sawit dengan model underplanting atau menanam di samping tanaman sawit tua, dianggap aneh tak sesuai juknis ini banyak ditemukan di Kecamatan Perhentianraja, Tapung, Kampar Riau.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar