2025, Bank BTN memiliki pelayanan kelas dunia

Transformasi BTN Sebagai Bank Tabungan di Era Digital

Di Baca : 5714 Kali
Gedung Postspaarbank di Weltevreden (kini Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat) pada tahun 1925 - 1930, (sumber foto: Wikimedia). 

Berdasarkan Survei Millenial yang dilakukan oleh Mandiri Institute pada 2018, produk perbankan yang paling banyak digunakan oleh milenial adalah rekening tabungan (91 persen) dan transaksi (78 persen) dan produk non-bank yang paling banyak digunakan adalah transaksi (31 persen) dan asuransi (32) persen.

Hampir 60 persen generasi milenial menggunakan pembayaran nontunai lebih dari sepuluh kali sebulan, dan 53 persen menggunakan aplikasi mobile banking lebih dari sepuluh kali sebulan. Lima puluh lima persen jarang pergi ke teller atau menggunakan internet banking, sedangkan 36 persen tidak pernah menggunakan internet banking dalam sebulan. Ini mencerminkan kebutuhan milenial untuk layanan yang cepat dan mudah.

Bahkan pengalaman pengguna yang berbeda dari layanan mobile banking dan internet banking menghasilkan frekuensi berbeda yang signifikan dalam menggunakan layanan tersebut. Tuntutan Millenial untuk layanan dan produk perbankan didominasi oleh aplikasi, layanan online, mobile banking, pembayaran dan transaksi. Sebagai masyarakat yang cepat dan fasih digital, mereka membutuhkan kemudahan dan kecepatan dalam mengakses layanan.

Karakteristik ketiga Bank 4.0 adalah semua bank akan digital. Bank akan berubah menjadi perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan. Perbankan tidak lagi tentang tempat pelanggan pergi, tetapi tentang sesuatu yang dilakukan pelanggan. Menurut Backbase Whitepaper dari Juni 2018, bank digital pertama berdiri di atas empat pilar: saluran omnibanking, perbankan modular, perbankan terbuka, dan perbankan pintar (omnibanking channel, modular banking, open banking and smart banking).

Omni perbankan adalah interaksi yang mulus dan konsisten antara pelanggan dan lembaga keuangan mereka di berbagai saluran. Sebagian besar pelanggan bergerak di antara banyak perangkat untuk mencapai goal mereka, dan pelanggan yang menggunakan lebih banyak saluran mereka akan lebih dapat menerima/memiliki banyak produk bank. Oleh karena itu, penting untuk memiliki interaksi yang lancar dan konsisten di berbagai saluran.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar