GENAP 10 TAHUN FIRDAUS-AYAT

Firdaus-Ayat Sukses Wujudkan Pekanbaru Smart City Madani

Di Baca : 2297 Kali
Genap 10 tahun Firdaus-Ayat memimpin kota ini. Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau. Dalam dua periode kepemimpinannya Firdaus-Ayat sukses dengan visi dan misi mereka dalam membangun kota ini. (ist)

- Lanjutan pembangunan jalan Teluk Lembu ujung-Kawasan Industri Tenayan (KIT),

- Pelebaran dan pembangunan Jalan Datuk Setia Maharaja menuju Sport Center Pekanbaru,

- Pembangunan Jalan Sembilang menuju Okura,

- Konsolidasi tanah dan pembukaan badan jalan ruas jalan outer ring road Muara Fajar, rencana Jembatan Siak VI,

- Pembangunan jalan simpang BPG Jalan Hang Tuah menuju Perkantoran Wali Kota Pekanbaru di Tenayanraya,

- Pembangunan Jembatan Siak V.

D. Penanggulangan banjir/genangan

berdasarkan hasil studi titik banjir/genangan di Kota Pekanbaru terdapat 39 titik banjir/genangan, 12 titik di antaranya sudah ditangani. Pemerintah Kota Pekanbaru tetap berupaya untuk membebaskan kota dari banjir/genangan dengan melakukan perbaikan drainase, normalisasi sungai dan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terkait penanganan sesuai kewenangan. Di samping itu, juga dilakukan pembinaan kepada masyarakat dalam hal pembangunan kawasan agar sesuai dengan peruntukan tata ruang daerah.

E. Persampahan

Berdasarkan hasil studi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan di Kota Pekanbaru data timbunan sampah rumah tangga Kota Pekanbaru sebanyak 1.106 ton/hari, terangkut ke TPA 756,81 ton/hari (68,42 persen) yang terkelola 244,25 ton/hari (22,08 persen) dan tak terkelola 105,13 ton/hari (9,5 persen). Dalam rangka pengelolaan waste to enegry, Pemerintah Kota Pekanbaru merencanakan kerjasama dengan Sungan ent.co.ltd (Korea) dengan nilai investasi mencapai 12,7 juta dolar AS untuk pengolahan sampah sebesar 800 ton/hari, yang memiliki potensi energi listrik 20 MW.

F. Instalasi jaringan pipa gas (citygas).

Program ini adalah bentuk terobosan Pemko Pekanbaru menuju Smartcity melalui Smart Energy dan Smart Ekonomi. Pada 2015, telah terpasang 3.713 SR, pada 2017 sebanyak 3.270 SR, pada 2020 meningkat menjadi 5.077 SR. Pada 2024 ditargetkan sebanyak 20.000 SR sesuai target RPJMN 2020-2024.(adv) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar