GENAP 10 TAHUN FIRDAUS-AYAT

Firdaus-Ayat Sukses Wujudkan Pekanbaru Smart City Madani

Di Baca : 2299 Kali
Genap 10 tahun Firdaus-Ayat memimpin kota ini. Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau. Dalam dua periode kepemimpinannya Firdaus-Ayat sukses dengan visi dan misi mereka dalam membangun kota ini. (ist)

Di 2020, angka pengeluaran perkapita  menurun di angka Rp14,433 dikarenakan adanya berbagai faktor. Namun secara umumnya, tingkat pengeluaran per kapita penduduk dari 2012 mengalami kenaikan. Secara tidak langsung mengakibatkan pergeseran pola konsumsi dari total pengeluaran perkapita. Pergeseran positif pola konsumsi ini merupakan salah satu ciri pencapaian kesejahteraan penduduk, di mana pola konsumsi mereka sudah meningkat, artinya pengeluaran yang mereka lakukan tidak hanya untuk pemenuhan konsumsi pokok berupa makanan.

Pemerintah Kota Pekanbaru tetap berkomitmen pada pembangunan infrastruktur perkotaan, seperti :

A. Pelayanan air minum perpipaan.

Pada 2019 layanan air minum perpipaan baru sebesar 7,60 persen (13.474 SR). Untuk meningkatkan pelayanan air minum perpipaan, Pemerintah Kota Pekanbaru mencari alternatif pendanaan melalui kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU), yakni KPBU SPAM Kota Pekanbaru yang saat ini dalam proses pelelangan dan KPBU SPAM Regional Pekanbaru-Kampar yang saat ini dalam persiapan konstruksi. Di samping kedua proyek KPBU tersebut, untuk meningkatkan layanan air bersih perpipaan, akan dibangun SPAM Rumbai dan SPAM Tenayanraya, yang saat ini masih dalam tahap perencanaan. 

Jika keempat proyek SPAM tersebut selesai dibangun, akan mampu meningkatkan pelayanan air minum perpipaan menjadi 57,72 persen (138.200 SR).

B. Pengolahan air limbah di Kota Pekanbaru, dilakukan dengan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPALKomunal) dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) terpusat. Pemerintah Kota Pekanbaru menerapkan kebijakan bahwa dalam memberikan izin bagi pengembang perumahan baru, diwajibkan membangun IPAL Komunal, sehingga masyarakat tidak perlu lagi membangun septic tank secara mandiri. 

Adapun proyek instalasi pengolahan air limbah terpusat (IPAL) di Pekanbaru yang sekarang sedang berlangsung merupakan pilot project Pemerintah Pusat, dengan target pelayanan  11.000 sambungan rumah (SR), yang terdiri dari 4 paket kegiatan dengan total anggaran Rp780 milyar lebih. Sumber dana berasal dari ADB dan APBN. Proses pembangunan IPAL dilakukan secara bertahap, yang diprediksi akan tuntas pada 2023 mendatang. 

C. Infrastruktur jalan tetap menjadi fokus yang akan digesa. Beberapa prioritas ruas jalan strategis yang sedang dan akan dikerjakan, antara lain : - Lanjutan pembangunan jalan lingkar luar (outer ring road) Kota Pekanbaru,






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar