GENAP 10 TAHUN FIRDAUS-AYAT

Firdaus-Ayat Sukses Wujudkan Pekanbaru Smart City Madani

Di Baca : 2298 Kali
Genap 10 tahun Firdaus-Ayat memimpin kota ini. Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau. Dalam dua periode kepemimpinannya Firdaus-Ayat sukses dengan visi dan misi mereka dalam membangun kota ini. (ist)

Wali Kota Pekanbaru periode 2012-2017 mengusung visi Metropolitan Madani. Pada masa pemerintahan, pasangan Firdaus-Ayat, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru periode 2012-2017. Visi yang menjadi tujuan pembangunan adalah terwujudnya Pekanbaru metropolitan madani.

Visi ini diilhami oleh semangat luhur yang terkandung dalam syair lagu Indonesia Raya, bangunlah badannya bangunlah jiwanya. Di mana metropolitan adalah wujud fisik kota yang ingin dicapai, sedangkan madani adalah jiwa kota, yaitu masyarakat berkualitas, unggul, mandiri, tangguh dan berdaya saing.

Madani juga menggambarkan kondisi masyarakat ideal, yang diilhami oleh sejarah Nabi dalam membangun kota dan masyarakat Madinah. Dalam konsep ini masyarakat madani digambarkan sebagai masyarakat yang religius, sejahtera, rukun, disiplin, taat hukum, toleran, sehat, cerdas dan berakhlak.  

Pada periode ini, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Firdaus-Ayat, berhasil mengantarkan Pekanbaru menjadi salah satu kota terkemuka di Indonesia, Pekanbaru bukan saja berkembang dalam batas administrasinya menjadi sebuah kota metropolitan, tapi juga memengaruhi kawasan di sekitarnya tumbuh menjadi kawasan perkotaan yang disebut metropolitan pekansikawan, yaitu kawasan yang meliputi wilayah Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan.

Keberhasilan Firdaus-Ayat, dalam membangun Kota Oekanbaru pada periode pertama, membuat pasangan ini kembali dipercaya masyarakat memimpin Pekanbaru pada periode (2017-2022). 

Visi yang diusung dalam periode kedua ini adalah terwujudnya Pekanbaru Smart City Madani. Visi ini melanjutkan visi sebelumnya, yaitu Metropolitan Madani. Visi Kota Metropolitan dilanjutkan dengan Smartcity atau kota cerdas, sedangkan visi madani tetap, karena visi ini dinilai masih relevan dan harus berkelanjutan, perlu waktu yang lebih panjang untuk mewujudkan masyarakat madani.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar