Desa Rimba Makmur akan menjadi salah satu sentra produksi pupuk hayati

Geliat Ekonomi Desa Binaan Kebun Tandun PTPN V

Di Baca : 1114 Kali
Kades Rimba Makmur Rustamaji, Askep Kebun Tandun Hari Purwanto tinjau lokasi peternakan sapi dan pembuatan pupuk cair hayati. Sinergi Kebun Tandun PTPN V-masyarakat Desa Rimba Makmur terjalin apik sehingga pembangunan ekonomi desa selaras dengan perkemban
 

“Kami memiliki kemitraan yang positif. Hubungan desa dan perusahaan berjalan dengan sangat masif. PTPN V melalui manajemen Kebun Tandun terus menjalin komunikasi secara terbuka dengan kami,” kata dia, Kamis (8/6/2023).

Pria 47 tahun tersebut mengatakan di antara hubungan apik yang terjalin adalah melalui program pengembangan peternakan sapi terpadu di Desa Rimba Makmur. PTPN V, kata dia, memiliki sumber daya manusia yang unggul, termasuk dalam pengembangan bisnis tersebut.

Sejak dua tahun lalu, program peternakan sapi sekaligus pengolahan limbah urine sapi di bawah bimbingan Asisten Kepala Rayon B Kebun Tandun, Hari Purwanto bergulir dan telah membuahkan hasil.

Dalam sekali panen tahun lalu, peternakan sapi di bawah manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) telah mengantongi laba bersih Rp30 juta. Selain itu, peternakan sapi berikut pengembangan pupuk kotoran sapi yang berdiri di lahan seluas 7 hektare tersebut berpotensi menghasilkan 1.000 liter pupuk hayati per hari.

“Alhamdulillah, pembinaan yang dilakukan manajemen Tandun PTPN V telah membuahkan hasil. Kini ekonomi desa sudah sangat variatif dan berkembang pesat," kata dia.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar