perlu mendukung pemerintah menciptakan kemandirian ekonomi bangsa

Vendor Day 2023, PHR Dorong Peningkatan TKDN Kontrak Mitra Kerja

Di Baca : 881 Kali
Seratus perusahaan mitra kerja (vendor) PHR mengikuti Coaching Clinic tata cara perhitungan TKDN Kontrak pada Kegiatan Vendor Day 2023 di Pekanbaru, Jumat (6/10/2023). (Dok. Humas PHR)
 

Kemudian peraturan Menteri Perindustrian tentang pedoman dan ketentuan tata cara perhitungan TKDN serta Keputusan Dirjen Migas tentang Pedoman Pelaporan Penandasahan Hasil Verifikasi TKDN pada Kontrak Bagi Hasil atau Gross Split. Untuk TKDN kontrak gross split di atas ataupun di bawah Rp5 miliar wajib diverifikasi lembaga surveyor indepen.

Definisi TKDN terbagi, yakni untuk barang, jasa dan jasa pemborong (gabungan barang dan jasa). Untuk barang jelas Tri, merupakan benda yang didatangkan dalam bentuk utuh maupun terurai yang mempunyai fungsi serta wujud yang khusus.

Sedangkan jasa, merupakayan layanan profesional untuk mencapai sasaran tertentu yang hasil akhirnya bukan dalam bentuk barang yang bisa dipergunakan langsung.

“Sementara barang dan jasa merupakan pekerjaan yang perencanaan teknis, penetapan spesifikasi dan pengawasan pelaksanaannya dilakukan oleh pengguna, sedangkan seluruh proses serta pengerjaannya termasuk penyediaan tenaga kerja, peralatan dan material yang diperlukan dilaksanakan oleh penyedia,” paparnya.

Ajang Vendor Day 2023 merupakan bentuk komitmen PHR untuk menjaga integritas dan kredibilitas mitra kerja atau vendor dalam bekerja. Dengan mengusung tema “Strengthening Partnership to Deliver Commitment for Safety and Compliance”, PHR berharap acara ini dapat menjadi wadah meningkatkan kolaborasi antara PHR dan mitra kerja sehingga memiliki satu kesepahaman mengenai pengadaan barang dan jasa demi mendukung kelancaran operasional migas perusahaan.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar