PHR Dukung pengembangan sejumlah desa wisata di Riau

Desa Tanjung Punak Binaan PHR Raih Juara I Apresiasi Desa Wisata Riau

Di Baca : 3253 Kali
Desa Wisata Binaan PHR - STP Riau, Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis Riau meraih juara I Apresiasi Desa Wisata Riau 2023. (Dok. Humas PHR)

Tidak hanya menjadi surga wisata, Rupat Utara juga kental dengan adat budaya, seperti kegiatan Mandi Safar yang sudah menjadi agenda tahunan. Kemudian budaya tari Zapin Api yang menjadi warisan budaya tak benda (WTB) dari UNESCO dan festival gasing tingkat provinsi.

Sejak awal, potensi pariwisata di Riau telah menjadi fokus PHR melalui strategi program Desa Wisata, baik itu pembinaan sumber daya manusia (SDM) maupun produk ekonomi kreatif.

Beberapa capaian telah diraih di antaranya, Desa Wisata Bukit Batu di Kabupaten Bengkalis yang meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori Daya Tarik Pengunjung dan berhasil mencatatkan nama di Museum Rekor Muri Indonesia (MURI). Kemudian Desa Koto Mesjid di Kabupaten Kampar yang dikenal dengan Desa Wisata Kampung Patin, meraih Juara I Regional Wilayah I Sumatera Lomba Desa/Kelurahan 2023 tingkat nasional yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami berharap dukungan pengembangan desa wisata ini dapat membantu upaya pemerintah Riau mendorong sektor pariwisata lebih baik dan selaras dengan tujuan Pembangunan berkelanjutan,” tegasnya.

PHR juga turut mendorong pengembangan potensi wisata Pulau Belimbing di Bangkinang, Kampar. Pulau Belimbing menyimpan banyak potensi wisata alam dan kearifan lokal yang sarat dengan budaya, seperti terdapatnya Rumah Lontiok yang sudah berusia ratusan tahun. Pembinaan dimulai dari kelompok diskusi terarah (FGD) dan kuliner khas daerah.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar