Disiapkan dua bibit unggul PPKS 540 dan PPKS Simalungun (SMB)

PTPN IV PalmCo Regional 3 Lanjutkan Penyediaan Bibit Sawit Unggul Bersertifikat

Di Baca : 1004 Kali
Hamparan pembibitan sawit unggul bersertifikat di Kebun Sei Pagar Regional 3 PTPN IV PalmCo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. (Dok. Humas Palmco Regional 3)
 

Arief menuturkan jika program peremajaan sawit rakyat yang digeber pemerintah akan sangat membantu petani dalam memenuhi ketersediaan bibit sawit bermutu.

Terlebih lagi, saat ini serbuan bibit sawit palsu atau ilegitim di saat rencana besar pemerintah mendorong PSR dalam mendongkrak produktivitas petani sawit plasma dan swadaya belum terkendali.

“Sesuai arahan Direktur Utama PTPN IV PalmCo Bapak Jatmiko Santosa, kita akan terus berkontribusi positif membantu petani mendapatkan bibit yang bermutu dan terhindar dari bibit ilegitim,” tutur Arief.

Dia memaparkan, saat ini terdapat dua jenis bibit sawit varietas unggul yang dipersiapkan PTPN IV Regional 3 kepada para petani plasma maupun swadaya Bumi Lancang Kuning, Riau. Keduanya adalah PPKS 540 dan PPKS Simalungun (SMB), dengan rata-rata produktivitas tandan buah segar di atas 30 ton per hektare per tahun.

Bibit-bibit yang dilepas dengan harga terjangkau tersebut tersedia di tujuh sentra pembibitan di antaranya Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu, Tandun dan Sei Rokan Kabupaten Rokan Hulu, Kota Dumai, dan Sei Pagar Kabupaten Kampar.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar