WORKSHOP IMPLEMENTASI UU DESA 

Riau Hijau Bantu Pemerintah dalam Pembangunan Desa

Di Baca : 4072 Kali
Workshop Sekolah Desa diselenggarakan oleh Perkumpulan Riau Hijau berlangsung di Desa Bungaraya Kabupaten Siak, Riau, Kamis (22/3/2018). (Foto Riau Hijau)

Paiman, Kadus Bungaraya yang merupakan salah satu alumni Sekolah Desa mengatakan bahwa Sekolah Desa yang diadakan oleh Riau Hijau berkontribusi pada peningkatan produktivitas pertanian pangan (padi), dari 4 ton menjadi 6 ton per hektare. Manfaat dari Sekolah Desa tidak hanya bermanfaat bagi desa yang mengikutinya, namun berdampak juga pada desa lain seperti kader desa Bungaraya yang memotivasi masyarakat untuk meningkatkan pertanian tanaman pangan (padi) di wilayah Kecamatan Sabak Auh.

Pada kenyataannya masih terdapat kendala - kendala di desa dalam mengimplementasikan  UU Desa untuk pembangunan Kawasan Desa antara lain Sumber Daya Manusia di desa yang terbatas, kurangnya kegiatan pemberdayaan atau peningkatan Sumber Daya Manusia, aturan yang belum bisa direalisasikan 100 persen,  belum mengklarifikasi potensi Sumber Daya Alam di desa, keahlian masyarakat yang tidak sesuai dengan Sumber Daya Alamnya, pembangunan desa yang masih dibatasi oleh dana.

Dengan Workshop ini masyarakat yang telah mengikuti ini bisa mengambil manfaatnya yakni menambah wawasan masyarakat tentang pembangunan desa serta perannya dalam pembangunan desa, memahami potensi desa dan cara penanganannya, membuka wawasan tentang hukum yang mengatur desa,, memahami wewenang desa, mendorong semangat untuk membangun desa.(*/rls/azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar