PERMUKAAN LAHAN GAMBUT JADI TURUN

PT EMP Malacca Strait SA Abaikan Lingkungan-Warga Pulau Padang

Di Baca : 20118 Kali
Foto: Peta Wilayah Kerja EMP Malacca Strait PSC

“Namun yang kita dapati hari ini, selama 23 tahun Bakrie Grup menguasai Kontrak Kerja Sama untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas yang ada di Pulau Padang maka yang kita saksikan adalah kemiskinan dan ketertinggalan. Kabupaten Kepulauan Meranti masuk kategori kabupaten termiskin di Indonesia,” ungkap Iman.

“Jika kita telisik kemiskinan itu di kampung-kampung maka Desa Bagan Melibur di Pulau Padang yang merupakan daerah ring 1 dari kegiatan usaha Migas Bakrie Grup dan di situ jugalah satu di antara kantong kemiskinan di Meranti itu berada, dan ini merupakan representative kecil dari angka kemiskinan di Meranti sebesar 29,8 persen sesuai data BPS. Sangat kita sayangkan karena kondisi ini kontras dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah di Meranti, seperti minyak, gas, timah, hutan, mangrove dan sagu,” tambahnya.

Selain soal kesejahteraan masyarakat kegiatan eksploitasi Migas EMP Malacca Strait SA juga berpengaruh sangat signifikan terhadap degradasi dan deforestasi lansekap gambut (peatland) yang ada di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar