AKAN LAKSANAKAN REPLANTING

Petani Sawit Kuansing Dirikan BUMP PT Trans Agro Lestari

Di Baca : 6888 Kali
Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Trans Agro Lestari, Kuansing resmi berdiri, para pengurus terpilih dan delegasi petani foto bersama dengan Ketua Seknas BUMP Indonesia DR Ir Sugeng Edi Waluyo MM, Syoffinal SP MSi dari Dinas Perkebunan Riau, Pimpinan PT

"Sukses BUMP di Wonogiri hingga bisa ekspor komoditi pertanian ke luar negeri langsung ditangani Pengurus BUMP Wonogiri, dan model ini juga diterapkan di Riau. Pola di Riau pengelolaan BUMP disupport oleh ABGM (Akademisi, Bussiness Man, Goverment, Masyarakat dan Media). Akademisi adalah pakar pertanian, bussiness man adalah rekanan kontraktor, goverment adalah Pemerintah/Disbun Riau, masyarakat adalah petani sawit Kuansing dan media adalah Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Riau," kata DR Ir Sugeng Edi Waluyo MM.

Menurut Dirut BUMP PT Trans Agro Lestari Ir Oberlin Manurung yang baru terpilih sebagai pimpinan, dan juga dijelaskan DR Ir Sugeng Edi bahwa petani sawit Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir ini akan melaksanakan replanting kebun sawit seluas sekitar 8.500 hektare pada Agustus atau sekitar September 2020 yang akan replanting dikerjakan oleh PT BOS. Penanaman perdana rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo hadir Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan lain-lain.

"Disiapkan juga tanaman sela seperti jagung. Seperti diketahui Indonesia masih kekurangan jagung dan jagung Indonesia diimpor dari luar negeri 3 juta ton per tahun. Alangkah potensialnya selain replanting sawit tanaman selanya ditanam jagung yang sudah ada perusahaan yang akan menampung hasil panen jagung petani Kuansing tersebut," kata Pak Edi.

Menurut rencana juga petani Kuansing ini akan mendapat bantuan sapi tahap awal akan dipasok 1.000 ekor sapi. Pakan sapi diharapkan dari daun jagung yang ditanami petani. Direncanakan penanaman jagung bertahap untuk tahap awal ditanam seluas 1.000 hektare.(azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar