ADA TERNAK SAPI YANG MATI DITERKAM

Harimau Berkeliaran di Kebun Masyarakat

Di Baca : 4258 Kali
Harimau Sumatera (foto atas/foto internet), sapi warga yang mati di kebun sawit (foto bawah)

Informasi yang didapat bahwa ada sapi yang diduga diterkam Harimau Sumatera di kebun sawit masyarakat, sehingga tim dengan didampingi Babhinkamtibmas, perwakilan PT Selaras Abadi Utama (PT SAU), Kades dan perangkat Desa Kuala Tolam melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Kuala Tolam (peternak sapi) terkait  upaya penanganan kasus ini dan meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkis terhadap HS serta meminta agar masyarakat bekerjasama dengan pihak  Balai Besar KSDA Riau untuk mencari solusi terbaik terhadap kasus ini. 

Selanjutnya dilakukan pengambilan dua unit Camera trap (CT) pada TKP pertama (sebelumnya) dan setelah diperiksa hasilnya tidak terekam adanya HS dan hanya ditemukan babi hutan,  kera ekor panjang, beruk, musang, macan akar (hal ini menunjukkan bahwa satwa mangsa HS masih tersedia cukup banyak selain adanya sapi yang digembalakan di lokasi tersebut).

Tim melakukan observasi di TKP ke dua ini dan tim menemukan bangkai seekor sapi dengan kondisi tubuh bagian belakang robek diduga dimakan satwa liar. Untuk observasi kali ini Tim menemukan beberapa jejak HS dengan ukuran panjang 13 cm lebar 11 cm. Tim melakukan pemasangan satu unit CT di sekitar bangkai sapi. Tim meminta agar masyarakat ikut menjaga keamanan CT dan membiarkan bangkai sapi di lokasi tersebut, serta mengimbau agar masyarakat tidak beraktifitas di sekitar lokasi tersebut.

Pemasangan camera trap






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar