PERKEBUNAN SAWIT PETANI DI SIAK JADI SENTRA PETERNAKAN SAPI

Bisnis Sapi Petani Mitra PTPN V Panen

Di Baca : 1624 Kali
Setyono saat memeriksa sapi-sapi bali yang digembalakan di perkebunan sawit masyarakat. Petani sawit mitra PTPN V Riau sangat terbantu dengan program peternakan sapi di saat sawit mereka tengah dilakukan peremajaan. (Foto dok. Humas PTPN V)

Namun, karena program yang berasal dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PTPN V ini baru bergulir sejak awal Januari lalu, ia pun mengaku populasi sapi yang tersedia masih terbatas. Bahkan, untuk memenuhi permintaan dari masyarakat sekitar Siak, ia mengatakan masih harus mendatangkan hewan mamalia tersebut dari daerah lainnya. 

Secara tidak langsung, lanjutnya, tingginya permintaan sapi di daerah yang mengandalkan sawit sebagai sumber ekonomi tersebut menjadi indikator bahwa ekonomi petani, termasuk binaan PTPN V terjaga sangat baik disaat situasi pandemi belum menunjukkan gejala perbaikan. 

Lebih jauh, Setyono mengatakan bahwa potensi bisnis ternak sapi diperkirakan akan semakin baik di masa mendatang karena secara tidak langsung memberikan manfaat ganda bagi para petani sawit. Di antaranya, petani tidak perlu sibuk mencarikan pakan. Cukup melepaskan sapi-sapi mereka untuk memakan rumput di tengah perkebunan yang masih produktif. Feses dan urine yang dikeluarkan sapi akan menjadi pupuk alami bagi tanaman sawit. 

"Kemudian, daging sapi yang diternak petani kita itu lebih padat. Karena dilepaskan, bergerak bebas, tidak hanya dikandangkan. Bobotnya itu hingga mencapai 100 kilogram. Alhamdulillah ini akan menjadi bisnis menjanjikan selain usaha utama perkebunan sawit. Apalagi pasar masih terbuka luas," tuturnya. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar