Sumbang penghematan, turut berkontribusi penambahan insentif 

PTPN V Targetkan Empat Pembangkit Tenaga Biogas Baru Beroperasi 2021

Di Baca : 1576 Kali
CEO PTPN V Riau, Jatmiko K Santosa, meninjau lokasi pengembangan Pembangkit Tenaga Biogas (PTBG) di salah satu unit pabrik kelapa sawit PTPN V. Perusahaan milik negara itu menargetkan untuk mengoperasikan empat PTBg baru hingga akhir 2021 ini. (ist)

"Selama ini operasional boiler kita menggunakan pembakaran cangkang. Nah, dengan PTBg ini, maka cangkang yang awalnya untuk pembakaran bisa sebagai diversifikasi bisnis dan menjadi income baru perusahaan," ujarnya. 

Lebih jauh, ia mengatakan keberadaan empat PTBg tersebut melengkapi dua pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) yang telah terlebih dahulu berdiri di dua pabrik PTPN V, yakni PLTBg Tandun dan Terantam. 

PLTBg Tandun beroperasi sejak 2012 silam. Keberadaan PLTBg berkapasitas 1,6 MW itu berhasil menekan cost biaya solar mencapai Rp5,8 miliar pertahun. Selain itu, sepanjang 2020 lalu PLTBg Tandun juga berkontribusi penambahan insentif International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) sebesar Rp9,4 miliar. 

Begitu juga dengan PLTBg Terantam yang diresmikan awal 2020 lalu turut menyumbang penghematan hingga Rp1,6 miliar sepanjang semester pertama 2021 ini. Selain itu, PLTBg Terantam turut berkontribusi penambahan insentif Rp4,8 miliar dari ISCC. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar