Sumbang penghematan, turut berkontribusi penambahan insentif 

PTPN V Targetkan Empat Pembangkit Tenaga Biogas Baru Beroperasi 2021

Di Baca : 1564 Kali
CEO PTPN V Riau, Jatmiko K Santosa, meninjau lokasi pengembangan Pembangkit Tenaga Biogas (PTBG) di salah satu unit pabrik kelapa sawit PTPN V. Perusahaan milik negara itu menargetkan untuk mengoperasikan empat PTBg baru hingga akhir 2021 ini. (ist)

Jatmiko menjelaskan, pemanfaatan limbah cair sawit menjadi salah satu program utama PTPN V dalam upaya menekan cost production dan menambah income perusahaan. Selain itu, langkah tersebut juga selaras dengan komitmen perusahaan milik negara tersebut untuk menekan emisi gas rumah kaca serta mendorong konversi energi dan sumber daya alam yang efisien.

Dalam pelaksanaannya, Jatmiko yang juga Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau itu memaparkan PTPN V menggunakan konsep PTBg Covered Lagoon. 

Konsep tersebut diawali dengan membangun kolam raksasa untuk menampung limbah cair atau POME. Kolam selanjutnya dipasang terpal cover berbahan HDPE berukuran besar untuk menangkap gas methane yang dilepaskan limbah cair.

Gas yang terperangkap lalu dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler atau bejana penghasil uap untuk disalurkan sebagai sumber penggerak turbin atau langsung dimanfaatkan untuk sterilizer atau pemasak buah sawit.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar