belum ada keterangan maupun bantahan dari pihak PT Pertamina Hulu Rokan

Penambangan Tanah Urug Wellpad Sumur Bor PT Pertamina Hulu Rokan Masih Berlangsung

Di Baca : 3261 Kali
Pembina LPPHI Hariyanto melakukan pengecekan ke lokasi pengurugan tanah di Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Jumat (21/1/2022). (foto/dok.LPPHI)

Menurut keterangan seorang pengemudi truk PT RDP bernama Yusrizal, saat itu ada 60 dump truck yang bekerja mengangkut tanah urug dari lokasi Km 16 Gang Janda Bangko Pusako ke lokasi penyiapan sumur bor PHR yang berada sekitar 20 km dari lokasi tambang. 

Dugaan menambang di lahan tak memiliki IUP ini diperkuat oleh keterangan Koordinator Inspektur Tambang Diary Sazali Puri Dewa Tari sebelumnya, yang mengatakan bahwa tidak bisa melakukan upaya apa pun terhadap penambangan yang tidak memiliki IUP dan hal itu murni wilayah hukum penindakan oleh Polri, mulai dari Kapolsek, Kapolres dan Polda bisa segera melakukan penindakan tanpa harus ada yang melaporkan karena merupakan delik umum.

Berbeda halnya dengan tambang milik PT Batatsa dan PT Bahtera Bumi Melayu, menurut Diary, kedua tambang itu memiliki IUP, namun masih berstatus eksplorasi sehingga dia bisa bertindak melakukan pembinaan.

Kemudian, ketika Tim LPPHI mendatangi lokasi tambang PT Bahtera Bumi Melayu  dan PT Batatsa Tunas Perkasa di Banjar XII Kecamatan Tanah Putih Rohil, terlihat lokasi bekas galian itu sudah kosong dari aktifitas penambangan. Namun tidak terlihat ada police line atau garis polisi di lokasi tersebut setelah pada 12 Januari 2022 ditertibkan oleh Inspektur Tambang Riau bersama Tim Ditreskrimsus Polda.

Koordinat Tambang di WK Rokan

Saat mendatangi lokasi penambangan di Km 16 Gang Janda Bangko Pusako, Tim LPPHI juga mencatat titik koordinat kedua lokasi pengurugan PT RDP di Bangko Pusako itu. 

Tercatat, lokasi pertama berada pada Garis lintang 1.669896 dan Garis bujur 100.743095. Sedangkan lokasi kedua di Bangko Pusako berada pada garis lintang 1.677272 dan garis bujur 100.749090.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar