PTPN V memiliki lima pembangkit tenaga biogas

PTPN V Inisiasi Roadmap Pengembangan Dekarbonisasi

Di Baca : 869 Kali
Dirut Holding Perkebunan Nusantara III Persero, Mohammad Abdul Ghani bersama Direktur PTPN V, Jatmiko Santosa saat meninjau salah satu instalasi pembangkit tenaga biogas (PTBG) di unit PTPN V, Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Riau beberapa waktu lalu. Holding

Peneliti PT RPN mengatakan bahwa PTPN V telah memanfaatkan biogas dengan sangat baik melalui pengembangan EBT bersama dengan pihak terkait, mulai dari perguruan tinggi hingga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

"PTPN V memiliki cukup banyak (pembangkit) Biogas, baik untuk pemanfaatan sebai PLTBg dan juga sebagai Cofiring. Pemanfaatan Biogas di PTPN 5 sangat baik, ke depannya agar lebih dapat menurunkam emisi karbon," kata Kadiv Produksi dan Investasi RPN, M Akmal.

Untuk itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di PTPN V dengan mengunjungi tiga pabrik kelapa sawit (PKS), yakni Sei Pagar, Lubuk Dalam, dan Terantam tersebut, pihaknya akan menyusun road map pengembangan dekarbonisasi secara lebih luas. 

"Dari penelitian ini, PT RPN akan membuat roadmap dekarbonisasi lebih luas untuk holding PTPN," ujarnya. 

Jatmiko kembali menjelaskan bahwa pembangunan PTBg  sejalan dengan program reduksi emisi perusahaan. Terutama dalam upaya mengurangi potensi gas rumah kaca dalam satu siklus budidaya perkebunan mulai dari pengambilan raw material, proses produksi, hingga pengelolaan limbah.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar